Jumat 13 Januari 2023, 19:36 WIB

Jokowi: Stadion Baru di GBK Mumpuni untuk Piala Dunia FIBA

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Jokowi: Stadion Baru di GBK Mumpuni untuk Piala Dunia FIBA

Antara
Foto udara proyek pembangunan Indoor Multifunction Stadium di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta.

 

INDONESIA kini memiliki stadion multifungsi tertutup alias indoor pertama dengan kapasitas besar di GBK Jakarta, yang akan menjadi arena gelaran Piala Dunia FIBA 2023.

Saat menghadiri topping off Indoor Multifunction Stadium, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa stadion tersebut bakal melengkapi fasilitas publik di Jakarta, agar setara dengan kota dunia lainnya.

"Kita akan terus membangun Jakarta dan melengkapi agar Jakarta memiliki fasilitas yang setara dengan kota lain di dunia. Ini arena tertutup multifungsi yang paling besar di Indonesia," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, Jumat (13/1).

Baca juga: Tim Basket RI Petik Pelajaran Penting Selama TC di AS

Adapun stadion yang dibangun Kementerian PUPR sejak April 2021, kini posisinya sudah 74%. Stadion tersebut ditargetkan rampung 100% pada Juni mendatang. Diketahui, stadion setinggi 31 meter itu mampu menampung 16.250 penonton.

"Ini bisa berfungsi baik untuk event olahraga seperti basket, badminton, futsal voli dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan. Serta, konser musik dengan kapasitas sangat besar," imbuh Kepala Negara.

Baca juga: Pembangunan Indoor Multifunction Stadium

Menteri BUMN sekaligus Board Member FIBA Erick Thohir menyebut stadion akan pertama kali digunakan untuk kejuaraan dunia basket FIBA yang bergulir Agustus 2023. Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Menurut Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, stadion tersebut dibangun dengan standar pembangunan gedung hijau yang memerhatikan efisiensi energi. 

"Kita memanfaatkan cahaya, sirkulasi udara, sehingga tidak terlalu banyak energi yang digunakan. Kemudian, kita juga memerhatikan supaya hemat air," jelas Diana.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Gresik Petrokimia Perbaiki Performa

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:12 WIB
TIM putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia memperbaiki performa dengan mampu memetik kemenangan pada laga pembuka seri kedua putaran dua...
AFP

Menpora Harap Pemimpin Baru PGI Tingkatkan Pembinaan Atlet Junior

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 09 Februari 2023, 17:08 WIB
Sejauh ini, ada beberapa nama bakal calon Ketua Umum PB PGI, yakni Japto Soerjosoemarno, Anggota DPR Ahmad Sahroni, hingga Komjen Boy Rafli...
RONALD MARTINEZ / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP

Irving bawa Mavericks kalahkan Clippers pada Laga Debutnya

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:25 WIB
Kyrie Irving yang baru saja pindah dari Brooklyn Nets ke Dallas Mavericks mengawali debutnya dengan mencetak poin tertinggi untuk timnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya