Selasa 07 Desember 2021, 15:00 WIB

Alonso Kecewa dengan Performanya di GP Arab Saudi

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Alonso Kecewa dengan Performanya di GP Arab Saudi

AFP/Giuseppe CACACE
Pembalap Alpine Fernando Alonso

 

PEMBALAP Formula 1 dari tim Alpine Fernando Alonso mengatakan GP Arab Saudi, yang berlangsung akhir pekan lalu, Minggu (8/12) waktu setempat, menjadi balapan yang mengecewakannya setelah pembalap berusia 41 tahun itu harus finis di posisi ke-13.

Dijelaskan Alonso, dalam balapan itu, dia sejatinya memulai balapan dengan cukup baik dengan langsung tancap gas untuk mendapatkan tiga posisi selepas start di P10.

Yang mengubah balapan adalah terciptanya dua Red Flag, dengan salah satunya disebabkan oleh pembalap Mick Schumacher (Haas) yang mengalami kecelakaan dalam kecepatan tinggi di Tikungan 22. yang berdampak pada posisi balapan.

Baca juga:  Verstappen Dinyatakan Paling Bersalah dalam Tabrakan dengan Hamilton 

Setelah dua kali restart, Alonso memiliki masalah serius pada kecepatannya. Pada pertengahan balapan, ia kehilangan kendali mobil dan mengalami spin, semakin tertinggal, dengan terlempar ke P15.

Alonso mencoba setelah bangkit menabrak tembok pembatas, tetapi mengalami kesulitan dan tidak dapat membuat mobil yang dikemudikannya melaju dengan kecepatan kompetitif harus puas finis di P13.

“Kami memulai dengan awal yang baik, tetapi pada lap kesembilan, Safety Car keluar, dan beberapa dari kami berhenti (pit stop) dan yang lainnya tidak,” tutur Alonso dikutip dari Motorsport, Selasa (7/12).

"Setiap tim kurang menginstruksikan salah satu mobil mereka masuk pit dan meninggalkan yang lain di trek untuk melihat apakah situasinya akan membantu salah satu dari mereka."

“Dengan Red Flag yang keluar untuk kedua kali, balapan berakhir untuk kami. Kami berada di posisi ke-15 saat itu, tidak ada lagi pit stop dan semua menggunakan strategi yang sama, jadi balapan yang sulit,” tambahnya.

“Saya mencoba bangkit untuk menarik jarak dengan mobil lain, dan saya kehilangan posisi di salah satu tikungan cepat Jadi itu adalah hari Minggu yang cukup buruk,” tutur Alonso.

Harus finis di posisi ke-13, hasil itu pun membuat Alonso gagal meraih podium berturut-turut sebelumnya, setelah balapan di GP Qatar dia sukses meraih posisi ke-3 bersanding dengan Lewis Hamilton (Mercedes) dan Max Verstappen (Red Bull).

Dengan nasib buruk yang menimpa Alonso, dia juga gagal mencetak poin tambahan guna Alpine memperebutkan P5 di membantu hasil konstruktor. 

Meskipun demikian, di sisi lain, raihan 12 poin milik Esteban Ocon bisa menjadi kunci mempertahankan posisi Alpine di klasemen.

Enggan berlarut dalam mengecewakan, Juara dunia F1 dua kali itu mengatakan akan segera mempersiapkan diri pada balapan terakhir di GP Abu Dhabi, yang akan digelar pada Minggu (12/12) di Sirkuit Yas Marina.

“Kami harus mengatur kembali semuanya dan bersiap untuk (balapan terakhir) di Abu Dhabi. Namun saya harus mengatakan (GP Arab Saudi) akhir pekan ini mengecewakan,” tukasnya. (Motorsport/OL-1)

Baca Juga

AFP/Andy Lyons/Getty Images

NBA Jatuhkan Denda kepada Washington dan Champagnie

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:30 WIB
Washington menabrak Champagnie hingga jatuh. Saat laga dilanjutkan, Champagnie mendorong punggung Washington yang langsung...
AFP/Clive Brunskill/Getty Images

Operasi Pinggul, Nishikori Harus Absen Enam Bulan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 07:15 WIB
Cedera memaksa petenis berusia 32 tahun itu menarik diri dari turnamen Grand Slam, Australia Terbuka pada bulan...
AFP/Aaron FRANCIS

Kalahkan Swiatek, Collins Bertemu Barty di Final Australia Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 04:03 WIB
Danielle Collins melaju ke final Australia Terbuka setelah meraih kemenangan 6-4 dan 6-1 atas mantan juara Prancis Terbuka Iga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya