Senin 06 Desember 2021, 10:49 WIB

Verstappen Dinyatakan Paling Bersalah dalam Tabrakan dengan Hamilton 

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Verstappen Dinyatakan Paling Bersalah dalam Tabrakan dengan Hamilton 

AFP/ANDREJ ISAKOVIC
Pembalap Red Bull Max Verstappen

 

MAX Verstappen membela diri setelah steward Formula 1 menyatakan pebalap Red Bull itu paling bertanggung jawab dalam insiden tabrakan dengan rival utamanya, Lewis Hamilton, di Grand Prix Arab Saudi, Minggu (5/12).

Pembalap berusia 24 tahun asal Belanda itu diganjar dua penalti, yaitu sanksi lima detik karena memotong tikungan demi menjaga keunggulan posisi saat bertahan dari serangan Hamilton dan 10 detik tambahan setelah balapan karena menyebabkan tabrakan saat ia berupaya menyerahkan kembali posisi pimpinan lomba ke Hamilton.

"Saya mengarah ke sisi kanan dan saya melambatkan mobil dan saya mengerem, menurunkan gigi, dan dia berada sangat dekat di belakang saya," kata Verstappen, seraya menambahkan ia hanya ingin membiarkan Hamilton lewat.

Baca juga: Hamilton Kecam Cara Mengemudi Verstappen

Hamilton, sementara itu, menabrak mobil Red Bull itu dari belakang, yang kemudian menuduh Verstappen menguji pengereman.

"Saya melaju semakin lambat, menurunkan gigi dan kemudian kami mengalami miskomunikasi atau apapun itu dan dia menubruk bagian belakang saya dan itu yang terjadi," kata Verstappen.

Steward memandang Hamilton bisa saja menyalip ketika Verstappen melambatkan diri.

Tapi mereka paham kenapa dia atau Verstappen tidak ingin berada di depan menuju zona DRS, yang dapat membuat siapapun yang berada di depan rentan tersalip pebalap di belakangnya.

Pengawas balapan mendapati Verstapen mengerem dengan tiba-tiba dan tidak menentu dan memutuskan sang pembalap paling bertanggung jawab menyebabkan tabrakan.

Berbicara soal manuver defensifnya di lap ke-37 itu, Verstappen mengatakan ia tidak paham kenapa diganjar penalti lima detik.

"Saya mendapatinya menarik bahwa hanya saya yang mendapat penalti di saat kami berdua melaju keluar garis putih," kata dia.

"Anda bisa melihat dengan jelas kami berdua melewatkan tikungan."

"Saya rasa akhir-akhir ini kita lebih banyak bicara soal garis putih dan penalti ketimbang balapan Formula 1 yang sebenarnya," imbuhnya.

Verstappen berhak mempertahankan posisi finis runner-up di belakang Hamilton kendati mendapat penalti dari steward.

Sang pembalap Inggris mendapat satu poin tambahan dari lap tercepat yang membawanya menyamakan raihan poin Verstappen dengan satu balapan tersisa di Abu Dhabi, pekan depan.

Verstappen masih menghuni puncak klasemen karena ia memenangi lebih banyak balapan, sehingga siapapun yang finis lebih tinggi di antara kedua pembalap di seri penutup musim nanti akan menjadi juara dunia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Amartha Hangtuah Mampu Redam Agresivitas Indonesia Patriots

👤Ilham Ananditya 🕔Kamis 20 Januari 2022, 17:06 WIB
Hangtuah bisa menjaga keunggulan mereka saat kuarter ketiga berakhir. Aktor di balik keberhasilan Hangtuah kali ini adalah Sevly...
Tim Heitman/Getty Images/AFP

Luka Doncic Bantu Dallas Mavericks Pertahankan Kemenangan Beruntun

👤Ilham Ananditya 🕔Kamis 20 Januari 2022, 16:26 WIB
Selama 42 menit bermain, Doncic bahkan mencetak dobel-dobel 41 poin dan 14 rebound. Sepanjang kariernya, torehan ini juga menjadi...
Tim Nwachukwu/Getty Images/AFP

Cetak 50 Poin, Joel Embiid Catatkan Rekor Bagi Sixers

👤 Ilham Ananditya 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:39 WIB
Joel Embiid tampil luar biasa untuk kemenangan Sixers dengan mencetak dobel-dobel 50 poin dan 12...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya