Selasa 16 November 2021, 15:40 WIB

Mendagri Wajibkan Atlet Badminton yang Berlaga di Bali Karantina 3-5 Hari

Mediaindonesia | Olahraga
Mendagri Wajibkan Atlet Badminton yang Berlaga di Bali Karantina 3-5 Hari

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Warga berpose di dekat gapura bertuliskan "Indonesia Badminton Festival" di depan pintu masuk The Westin Resort, Nusa Dua, Badung, Bali

 

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian mewajibkan peserta Indonesia Badminton Festival 2021 di Bali untuk menjalani karantina selama 3—5 hari dan memiliki asuransi kesehatan yang menanggung biaya perawatan COVID-19 minimal senilai 100.000 dolar AS.

Ketentuan itu diatur oleh Tito melalui Instruksi Mendagri (Inmendagri) No. 59 Tahun 2021 yang berlaku sejak 16 November sampai Indonesia Badminton Festival 2021 berakhir pada minggu pertama Desember.

Indonesia Badminton Festival 2021 merupakan kegiatan yang menaungi tiga kompetisi bulu tangkis skala dunia, yaitu Daihatsu Indonesia Masters pada tanggal 16—21 November, SimInvest Indonesia Open 2021 pada tanggal 23—28 November 2021, dan HSBC BWF World Tour Finals pada tanggal 1—5 Desember 2021.

Instruksi Kesatu Mendagri mengatur peserta dan penyelenggara yang telah divaksin COVID-19 lengkap dapat menjalani karantina selama 3 hari. Peserta yang menjalani karantina selama 3 hari wajib tes PCR pada hari terakhir isolasi.

Namun, peserta yang belum divaksin lengkap wajib karantina 5 hari, dan pada hari keempat mereka harus tes PCR.

Kegiatan karantina berlangsung di luar gelembung acara. Gelembung (bubble) merujuk pada lokasi-lokasi yang berkaitan dengan acara, di antaranya tempat penginapan dan tempat pertandingan. Dalam kegiatan Indonesia Badminton Festival 2021, ruang gerak peserta dibatasi hanya di dalam gelembung.

Baca juga: Kento Momota Terus Melaju di Indonesia Masters Usai Bungkam Tommy Sugiarto

Aturan karantina 5 hari turut berlaku untuk petugas hotel/penginapan yang berurusan dengan para peserta.

"Petugas hotel/penginapan yang akan bertugas, untuk melakukan karantina dengan durasi selama 5 hari dan melakukan tes RT-PCR pada hari keempat," kata Tito dalam instruksinya.

Di samping aturan karantina, Mendagri juga mewajibkan seluruh pihak dari luar negeri memiliki hasil tes PCR negatif COVID-19 yang berlaku 3 x 24 jam sebelum mendarat di Jakarta. Peserta dari luar negeri diwajibkan mengikuti tes PCR saat transit di Jakarta sebelum melanjutkan perjalanan ke Bali.

Peserta dari dalam negeri juga wajib memiliki hasil tes PCR negatif COVID-19 yang akan berlaku 3 x 24 jam.

Mendagri, sebagaimana dikutip dari instruksinya, juga mewajibkan seluruh peserta memiliki bukti/sertifikat vaksinasi COVID-19 yang terverifikasi dalam aplikasi PeduliLindungi. Peserta dari luar negeri dapat menghubungi kedutaan besar negaranya masing-masing di Indonesia terkait dengan ketentuan itu.

Bagi peserta yang positif COVID-19, mereka akan diisolasi dan menjalani perawatan selama 10 hari. Oleh karena itu, seluruh pihak diwajibkan punya asuransi yang menjamin biaya pengobatan dan perawatan selama di Bali.

"Partisipan wajib memiliki asuransi kesehatan yang mengakomodasi biaya COVID-19 dengan nilai minimal 100.000 dolar AS sesuai dengan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 20 Tahun 2021," terang Tito dalam Inmendagri No. 59/2021.

Mendagri, dalam instruksinya itu, mengatur pelaksanaan protokol kesehatan sebelum, selama, dan sesudah tiga kompetisi bulu tangkis skala dunia di Bali pada bulan ini sampai akhir tahun.

Tito menegaskan hal-hal yang belum diatur terkait dengan penyelenggaraan Daihatsu Indonesia Masters, SimInvest Indonesia Open 2021, dan HSBC BWF World Tour Finals di Bali dapat mengacu pada Inmendagri tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1.(Ant/OL-4)

Baca Juga

 AFP/Clive Rose

Hamilton Akhirnya Buka Suara soal Komentar Rasis

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 21:45 WIB
Piquet, yang meraih gelar juara dunia F1 tiga kali pada 1980-an, adalah ayah dari kekasih Verstappen, Kelly...
AFP/Glyn KIRK

Lolos Ke Babak Dua Wimbledon, Swiatek Perpanjang Rekor Kemenangan Beruntun

👤Widhoroso 🕔Selasa 28 Juni 2022, 21:22 WIB
PETENIS putri nomor satu dunia, Iga Swiatek melangkah ke babak dua tunggal putri grand slam...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jojo dan Ginting Kompak Melaju ke Babak Kedua Malaysia Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 28 Juni 2022, 20:51 WIB
Anthony yang terlebih dahulu sukses merebut kemenangan menyebutkan, faktor angun menjadi kendala dirinya gagal meraih kemenangan di gim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya