Senin 16 Januari 2023, 15:02 WIB

30 Pemuda Papua Terpilih Tampil di Acara Peresmian Gedung PYCH

mediaindonesia.com | Nusantara
30 Pemuda Papua Terpilih Tampil di Acara Peresmian Gedung PYCH

dok.PMI
Sebanyak 30 orang terpilih dalam audisi yang diadakan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk tampil di acara peresmian gedung Papua Youth Cr

 

SEBANYAK 30 orang terpilih dalam audisi yang diadakan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI). Mereka akan tampil pada acara peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua.

Koordinator Umum PMI Billy Mambrasar mengungkapkan, ada ratusan anak muda Papua yang antusias mengikuti audisi tersebut. Mereka akan tampil mengenakan busana terbaik karya para desainer asli Tanah Papua.

"Kita mengadakan audisi model, itu ratusan peserta yang ikut dan semua sangat berbakat. Tapi terpilih yang terbaik dari yang terbaik, ada 30 model yang terpilih," kata Billy usai audisi di gedung PYCH, Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (16/1/2023).

Dalam keterangan tertulisnya, Billy menyatakan, talenta muda Papua itu akan tampil dihadapan Presiden Joko Widodo yang akan segera meresmikan gedung megah, bernuansa adat dan berfasilitas lengkap, kebanggan anak muda Papua tersebut.

Selain itu, pihaknya juga menggelar audisi dancer, marching band hingga nanti akan ada kegiatan carnaval PYCH.

Billy menegaskan, PMI ingin menunjukkan generasi emas muda Papua dengan berbagai bakat dan talenta, yang akan turut membangun Indonesia.

"Carnaval sebelum peresmian tujuannya untuk menunjukkan,  kita bukan hanya menyediakan bangunan PYCH, tapi bahwa manusia dan talentanya itu sudah ada, sebelum bangunannya itu jadi," Billy yang juga merupakan stafsus Presiden.

Salah satu peserta, audisi, Cheniva Yarangga (17), mengaku senang karena terpilih menjadi salah satu model putri. Ia bertekad akan menampilkan performa terbaiknya pada acara peresmian.

"Perasaan saya sangat senang. Saya sebenarnya sangat gugup untuk tampil dihadapan presiden, tapi saya akan memberikan yang terbaik," tegas wanita asal Jayapura tersebut.

Tingkatkan SDM Papua

Gedung YPCH yang akan diresmikan Presiden Jokowi ini memiliki gedung utama yang terdiri dari dua lantai, dan dua gedung asrama. Di gedung ini ada ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan-pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi, hingga perpustakaan.

Ada juga ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas lebih dari ratusan orang. Ruangan ini bisa digunakan untuk pertunjukkan, keagamaan dan lainnya. "Kita fokusnya mendidik dan meningkatkan SDM Papua," tegas Billy Mambrasar.

Billy menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi serta Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, atas pembangunan Gedung PYCH tersebut. "Terima kasih atas hadiah fasilitas ini. Kami anak Papua siap membangun Indonesia dari tanah Papua," tuturnya.

PMI akan memanfaatkan gedung ini dalam merencanakan dan melaksanakaan program kerja untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih.

Adanya gedung tersebut juga untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi anak-anak muda Papua, meningkatkan kemampuan keterampilan anak-anak muda Papua dan menambah penghasilan warga Papua.

Terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua ini sesuai dengan Intruksi Presiden No. 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. (OL-13)

Baca Juga: Papua Muda Inspiratif Berdayakan Warga melalui Budidaya Ikan

 

Baca Juga

dok.ist

Relawan Sandiaga Uno Ciamis Buka Gerai UMKM Hasil Olahan Ikan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:16 WIB
RELAWAN Sahabat SandiUno terus berupaya memberikan kontribusi, untuk melakukan inovasi berbagai jenis produk olahan ikan sesuai dengan...
dok.Pemprov Jateng

Ganjar Banyak Jaring Tenaga Kerja via Aplikasi E-Makaryo

👤Haryanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:06 WIB
PEMPROV Jawa Tengah pun telah menyiapkan sejumlah program berbasis digital, salah satunya aplikasi web E-Makaryo, yang merupakan...
DOK MI

Rekening Diblokir Atas Permintaan KPK, Penjual Krupuk Asal Pamekasan Nelangsa

👤Mohammad Ghazi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:01 WIB
REKENING milik Ilham Wahyudi, seorang penjual krupuk asal Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur diblokir Komisi Pemberantasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya