Minggu 01 Januari 2023, 12:45 WIB

Ganjar Gelar Istighosah agar RI Dijauhkan dari Bencana di 2023

Haryanto | Nusantara
Ganjar Gelar Istighosah agar RI Dijauhkan dari Bencana di 2023

MI/Haryanto
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menggelar istighosah di malam tahun baru 2023 untuk kekuatan bangsa dan negara dalam menghadapi potensi benca

 

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggelar istighosah di malam tahun baru 2023 untuk kekuatan bangsa dan negara dalam menghadapi potensi bencana, seperti yang diprakirakan BMKG. Ganjar menghadirkan puluhan ulama beserta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

"BMKG lah yang memperkirakan. Apakah perkiraannya akan tepat? Kita tidak pernah tahu. Ketika kita melihat situasi yang seperti ini terhadap kepastian, sesuatu yang kita tidak mampu, maka istighosah ini kita adakan," kata Ganjar di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Jateng, Sabtu malam (31/12/2022).

Di sisi lain, kata Ganjar, belakangan Jateng juga telah dilanda musibah bencana banjir di sejumlah wilayah akibat cuaca ekstrem. Ada juga kelangkaan BBM di Karimunjawa karena distribusi terhambat akibat hal serupa.

Ganjar menjelaskan, selalu ada rintangan dalam mengatasi persoalan-persoalan tersebut. Namun dengan ikhtiar maksimal yang sudah dilakukan, Ganjar menyebut rintangan itu akan lebih mudah dilalui.

"Ikhtiar sudah dilakukan, 'oh pompanya macet', tadi langsung dipanggilkan tukang, ternyata selesai. 'Oh karimunjawa perlu logistik', ternyata dengan segala ikhtiar diupayakan sampai Menko PMK sampai hadir dan dikirim. Alhamdulillah berhasil," kata Ganjar.

Baca Juga: Ganjar Ikut Lepas KM Kelimutu yang Bawa 6 Ribu Boks Bantuan Sembako ke Karimunjawa

"Oh BBM-nya habis, kita ikhtiar lagi sampai hari ini masih berproses sampai KASAL saya telfon, alhamdulillah KASAL 'siap kita bantu dan sampai kapal perang kalau perlu, pertamina menyiapkan'. Ikhtiar, belum berhasil. InsyaAllah caranya sudah ketemu," sambungnya.

Ganjar mengatakan, setelah ikhtiar dilakukan maka hal terakhir yang juga mesti berjalan adalah doa. Menurut Ganjar, doa adalah upaya spiritual yang manjur untuk menemukan solusi di setiap persoalan.

"Ketika ikhtiar dunianya sudah kita lakukan, maka kita pasrahkan kepada Tuhan, kita mohonkan kepada Allah, agar kita diberikan kekuatan dan ada petunjuk agar kita bisa menyelesaikan," kata Ganjar.

Ganjar pun berterima kasih kepada alim ulama hingga kiai yang menghadiri istoghosah akhir tahun ini. Ganjar juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh pemuka agama yang hadir.

"Dan saya terima kasih, para alim ulama romo kiai, dari majelis ulama se-Jawa Tengah, berkenan untuk kita bisa doa bersama, istighosah di sini, dan setelah itu tadi dilanjutkan dengan doa bersama semua agama," kata Ganjar.(OL-13)

Baca Juga

dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...
Dok. Kanwil Kemenkumham Babel

Kanwil Kemenkumham Babel, Dorong Kabupaten Bangka untuk Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:10 WIB
Dalam kunjungannya, Harun disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, untuk membahas optimalisasi layanan hukum dan hak asasi...
dok.ist

Bupati Harap Sail Teluk Cenderawasih Tingkatkan Ekspor Yellowfin Biak Numfor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:55 WIB
BUPATI Biak Numfor, Herry Ario Naap berharap penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di wilayahnya, dapat mengoptimalkan seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya