Senin 21 November 2022, 10:35 WIB

Anggota DPR Minta KKP Tingkatkan Program Kesejahteraan Nelayan di Kalteng

Mediaindonesia.com | Nusantara
Anggota DPR Minta KKP Tingkatkan Program Kesejahteraan Nelayan di Kalteng

Dok. DPR RI
Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto

 

ANGGOTA Komisi IV DPR-RI Bambang Purwanto mengatakan berbagai program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) guna meningkatkan kehidupan nelayan di Kalimantan Tengah harus diperbanyak lagi dan lebih variatif.

“Masih banyak nelayan di Kalimantan Tengah yang belum beruntung sehingga perlu adanya program yang bisa meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan nelayan,” kata Bambang Purwanto di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Di Kalteng, lanjutnya, ada dua macam nelayan yakni nelayan laut dan nelayan sungai. Paling banyak adalah nelayan sungai sehingga perlu ada program yang bisa selaras dengan kebutuhan di lapangan, karena kebutuhan di lapangan seperti alat tangkap dua macam nelayan ini juga berbeda.

“Kalau untuk program budi daya, sudah berjalan cukup baik. Sebaran benih ikan, bioflog hingga mesin pakan cukup membantu pembudidaya untuk bisa berkembang,” kata Bambang.

Hanya, kata dia, persoalan yang dihadapi para nelayan yang beralih ke budi daya hanya terletak pada benih dan pakan yang harganya mahal, sehingga perlu perhatian dari KKP. Nelayan sungai atau air tawar, lanjutnya, memiliki harapan agar KKP membantu memberikan peralatan yang dibutuhkan, seperti perahu ketinting, buwu dari anyaman, serta jaring.

Baca juga : Sri Sultan HB X akan Menerima Maritime Awards Kategori Utama

Ia optimistis apabila harapan nelayan sungai ini bisa dijadikan program berkelanjutan oleh KKP, maka kesejahteraan dan ekonomi nelayan bisa meningkat.

Staf Ahli Kementerian KKP Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Budi Sulistyo mengungkapkan apa yang menjadi harapan dari nelayan sungai ini, menjadi masukan bagi pihak kementerian.

“Nelayan sungai bagi kami juga menjadi bagian koordinasi untuk menjaga lingkungan, serta memberikan informasi terkait kerusakan-kerusakan yang terjadi terhadap sungai karena yang memanfaatkan sungai ini cukup banyak,” katanya.

Satu pemahaman, kata Budi, tentunya sangat diperlukan untuk mendukung keberadaan nelayan sungai. KKP, diakuinya, juga perlu mendengar masukan-masukan langsung dari nelayan dan wakil rakyat agar apa yang menjadi program ke depan bisa mengena dan meningkatkan kehidupan nelayan.

Dalam kunjungan kerja di Kabupaten Pulang Pisau, Bambang Purwanto bertatap muka dan berdialog dengan para nelayan sungai dari empat desa. Dalam kegiatan bakti nelayan ini juga disebar bantuan paket sembako sebanyak 1.000 paket yang diberikan kepada para nelayan sungai. (Ant/OL-7)

Baca Juga

AFP/PUTRI

Aktivitas Vulkanis Semeru Meningkat, BPBD Lumajang Sterilkan Zona Merah

👤Bagus Suryo 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:39 WIB
Kerusakan akibat awan panas Gunung Semeru itu terparah di Dusun Kajar Kuning berbatasan dengan Curah...
ANTARA/DOK.BNPB

Semeru Erupsi, Warga Diminta tidak Lakukan Aktivitas Radius 17 Km

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:01 WIB
Pada Minggu ini, PVMBG telah menaikkan status Gunung Semeru dari sebelumnya Level 3 atau Siaga menjadi Level 4 atau Awas terhitung mulai...
MI/Palce Amalo

Pedagang Heran Stok Melimpah tapi Harga Telur di Kupang Naik, Diduga Ditahan Oknum

👤Palce Amalo 🕔Minggu 04 Desember 2022, 17:58 WIB
BIASANYA para pedagang perantara menahan telur di gudang selama beberapa hari. Mereka bilang barang kosong tapi sebenarnya ada di gudang,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya