Jumat 11 November 2022, 20:57 WIB

Fasilitas Titik Baca Lengkapi Wisata Edukasi Di Kota Malang

Bagus Suryo | Nusantara
Fasilitas Titik Baca Lengkapi Wisata Edukasi Di Kota Malang

Humas Pemkot Malang
Peresmian fasilitas titik baca di Kota Malang, Jawa Timur.

 

KOTA Malang, Jawa Timur, terus bersolek dengan menghadirkan inovasi. Kreativitas tiada henti di daerah berjuluk Kota Pendidikan itu kini menghadirkan titik baca.

Teknologi berbasis digital tersebut merupakan terobosan teranyar dalam mencerdaskan anak bangsa termasuk melengkapi fasilitas di ruang wisata edukasi. "Ini sangat bagus dan luar biasa. Inovasi titik baca menjadi komitmen kami sebagai bagian dari smart city," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Jumat (11/11).

Sutiaji menerangkan Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang sengaja menghadirkan inovasi ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Wisatawan pun bisa memanfaatkan teknologi ini sembari bertamasya. 

Mengaksesnya pun cukup mudah. Hanya dengan scan QR Code, buku digital bisa dibaca dengan memilih berbagai koleksi. "Harapannya tentu budaya membaca meningkat karena makin mudah kita akses," katanya.

Titik baca ini akan diperluas merambah ruang publik. Saat ini, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas itu di Alun-Alun Merdeka, Mal Pelayanan Publik, Malang Creative Center, area Car Free Day, Idjen Boulevard hingga seluruh perpustakaan SD dan SMP di Kota Malang.

Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang Yayuk Hermiati menambahkan koleksi buku digital mencapai 1.087 buku. Buku-buku itu sebanyak 287 judul umum dan 800 judul pendidikan.

"Cukup pakai telepon seluler, tidak pakai daftar, langsung scan bisa baca di tempat dengan radius 100 meter (dari titik QR Code). Jadi memudahkan," ujarnya. (OL-15)
 

Baca Juga

Ist

Tangani Anak Korban Gempa Cianjur, Medco Libatkan Relawan Psikososial

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 19:07 WIB
Mereka mengadakan kegiatan melukis, bernyanyi, dan kegiatan permainan lainnya bersama ratusan anak korban gempa di Posko Medco Peduli di...
Ist

PPLIPI dan Women's Pro Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 18:58 WIB
Ketua Umum PPLIPI Indah Suryadharma Ali mengatakan, pemberian bantuan terhadap korban gempa berupa sejumlah keperluan penting yang bisa...
DOK/ARTOTEL GROUP

Artotel Group Meriahkan Momen Akhir Tahun dengan Menghadirkan Promo Kamar serta F&B

👤Media Indonesia 🕔Selasa 29 November 2022, 18:50 WIB
Untuk promo kamar, para tamu dapat menikmati Holiday Mixtape di de Braga by Artotel dengan harga Rp800.000,-nett yang sudah termasuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya