Rabu 02 November 2022, 19:54 WIB

Pemkab Cirebon Tetapkan Empat Rumah Sakit Rujukan Kasus Gangguan Ginjal Akut Pada Anak

Nurul Hidayah | Nusantara
Pemkab Cirebon Tetapkan Empat Rumah Sakit Rujukan Kasus Gangguan Ginjal Akut Pada Anak

Ist
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Jawa Barat menetapkan empat rumah sakit (RS) rujukan untuk penanganan kasus gangguan ginjal akut pada anak. Keempat rumah sakit itu adalah RSUD Waled, RSUD Arjawinangun, RS Mitra Plumbon, dan RS Permata Cirebon. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Neneng Hasanah menjelaskan hingga kini di Kabupaten Cirebon memang ditemukan ada kasus gangguan ginjal akiut pada anak. "Meski  demikian kami bersama pihak lainnya tetap mewaspadai bilamana ditemukan kasus gagal ginjal akut pada anak," tutur Neneng, Rabu (2/11).

Neneng meminta kepada masyarakat untuk segera merujuk ke rumah sakit rujukan menemukan ciri-ciri gejala gangguan ginjal akut pada anak. "Jadi jangan sampai menunggu lama atau sampai kondisi pasien tidak sadar atau kekurangan cairan. Pokoknya jangan anggap sepele," tutur Neneng. 

Di sisi lain, upaya preventif untuk pencegahan kasus gangguan ginjal akut pada anak juga dilakukan Dinkes Kabupaten Cirebon. Diantaranya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat oleh promoter yang ada di masing-masing puskesmas. Sedangkan di tingkat desa, surveilansnya meliputi bidan desa, perawat pendamping yang ada di desa termasuk kader.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Hilmy Rival, menjelaskan kunci dari penanganan gagal ginjal akut pada anak ini yaitu dengan kecepatan dalam penanganan. 

"Sampai sejauh ini kami selalu menginformasikan obat mana saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat," tutur Hilmy. (OL-15)

Baca Juga

DOK.MI

Warga Banten Diimbau Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:56 WIB
Peringatan kewaspadaan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi Selasa ini di...
DOK.MI

Dua Pemuda Lempar Tamu Hotel dari Lantai 5 Hotel di Palembang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:48 WIB
Tersangka BG tidak terima MNF ini memesan jasa kencan terhadap SH melalui aplikasi Michat tanpa melalui dirinya, hingga terjadi keributan....
ANTARA

BMKG Catat 40 Gempa Susulan di Jember

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:31 WIB
Magnitudo paling kecil tercatat 2,9 dan paling besar 5,3. Untuk magnitudo 5,3 itu dirasakan di Kuta, Denpasar, Jember, dengan skala...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya