Sabtu 29 Oktober 2022, 11:25 WIB

Dukung Kebangkitan Pariwisata Indonesia, LPPMS Gelar Program Pelatihan dan Sertifikasi

Mediaindonesia.com | Nusantara
Dukung Kebangkitan Pariwisata Indonesia, LPPMS Gelar Program Pelatihan dan Sertifikasi

Dok.LPPMS
Para peserta program pelatihan.

 

SALAH satu sektor yang paling terdampak selama pandemi covid-19 adalah industri pariwisata. Itu sebabnya seiring mulai melandainya wabah tersebut, pemerintah mulai berusaha memulihkan perekonomian nasional, termasuk pariwisata.

Berangkat dari situ,  Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo (LPPMS), bersama PT. Mustika Ratu Tbk dan Direktorat Kursus dan Pelatihan pada Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, membuka program pelatihan dan sertifikasi spa therapist Level II  2022, di LPPMS.

LPPMS sebagai lembaga kursus dan pelatihan yang salah satu fokus programnya pendidikan vokasi untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai di dunia kerja khususnya pada industri personal care, beauty and health menyadari bahwa hanya dengan SDM terlatih bisa berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Program pelatihan itu  merupakan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) yang bertujuan untuk mendidik dan melatih peserta didik dengan keterampilan vokasi yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja sehingga pada akhirnya mereka dapat terserap di dunia kerja.

Adapun latar belakang program PKK itu karena mayoritas tenaga kerja (58,77%/ 72,8 juta) memiliki tingkat pendidikan rendah (lulusan SMP/sederajat kebawah) tanpa keterampilan yang dibutuhkan pasar tenaga kerja (BPS, 2019). Selain itu sistem pendidikan menghasilkan cukup banyak lulusan semi-terampil, sementara pasar kerja memiliki kapasitas yang terbatas untuk menyerap lulusan tersebut, dan fakta tentang produktivitas tenaga kerja Indonesia relatif rendah (1,37%) jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Thailand (5,28%), Vietnam (4,39%), dan Malaysia (2,16%) (Sumber: APO, September 2018).

"Tentu saja harapannya melalui program PKK ini masalah-masalah tersebut dapat teratasi dengan baik," ujar Bingar Egidius Situmorang selaku Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk.

“Para peserta akan dilatih oleh instruktur atau tenaga pengajar profesional yang memiliki sertifikasi bukan saja secara nasional melainkan juga secara internasional, seperti CIDESCO International. Dan yang menarik, untuk tahun ini para peserta tidak hanya mendapatkan pelatihan Spa Therapy level II, namun juga mendapatkan tambahan materi untuk berupa pendidikan karakter dan bahasa asing yang akan berguna saat bekerja kelak,” lanjut Bingar.

Lebih lanjut, Manager Operasional LPPMS yang juga sekaligus menjadi penanggung jawab program PKK, Faisal Raoef menjelaskan, para peserta akan dilatih dan dididik kurang lebih 2 bulan untuk menjadi Spa therapist handal tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, bahkan akan diberikan allowance (uang saku & transport).

“Semua biaya yang mencapai belasan juta rupiah untuk mengikuti program ini, mulai dari pelatihan, praktek dan uji kompetensi akan ditanggung oleh program PKK,” jelas Faisal.

Di akhir program para peserta akan mendapatkan 2 sertifikat dan sekaligus menegaskan penguasaan keahlian mereka, yakni sertifikat dari LPPMS dan sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK). Dengan sertifikat kompetensi ini akan memudahkan para lulusan bekerja. Para alumni juga nantinya akan terus dipantau dan mendapatkan bantuan untuk disalurkan di dunia kerja, baik melalui afiliasi LPPMS yakni Taman Sari Royal Heritage (TSRH), The House of Mustika Ratu, ataupun jaringan spa LPPMS lainnya.  (RO/A-1)

Baca Juga

Dok. PT POs Inddonesia

Pos Indonesia Beri Bantuan Tabung Gas untuk Korban Erupsi Semeru

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 16:07 WIB
“Masyarakat yang terdampak erupsi Semeru, begitu masuk ke rumah relokasi kita penuhi semua kebutuhan dasarnya. Misalnya tabung gas,...
Ist

Di Seminar Hari HAM, LaNyalla Sebut Penjajahan Ekonomi Pelanggaran Hak Kesejahteraan 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 15:35 WIB
Hari ini terjadi pola kolonialisme dalam bentuk baru yang menyusup melalui wajah globalisasi yang menyatu dengan oligarki ekonomi di dalam...
Ist

Smart City dan Guru 5.0, Mimpi Besar Kota Kecil Bernama Payakumbuh

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 15:26 WIB
Sejak tahun 2022 ini, seperti dikutip dari nationalgeographic.grid.id, Payakumbuh telah mengambil sejumlah langkah menuju Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya