Rabu 27 Juli 2022, 16:00 WIB

Seorang Jemaah Haji asal Cianjur Terlibat Kecelakaan di Arab Saudi

Benny Bastiandy | Nusantara
Seorang Jemaah Haji asal Cianjur Terlibat Kecelakaan di Arab Saudi

ANTARA/Irwansyah Putra
Jemaah haji Aceh melambaikan tangan setibanya di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Selasa (26/7).

 

SEORANG jemaah haji asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalami kecelakaan lalu lintas sepekan menjelang kepulangan ke Tanah Air.

Saat ini, jemaah atas nama Cucu bin Ahmad, warga Kampung Belendung 4/4, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, itu sedang dalam perawatan di rumah sakit setempat.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, Usep Muhammad Tammam, mengatakan, jemaah tersebut tertabrak kendaraan di Arab Saudi. Karena itu, jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 16 itu tidak ikut kembali ke Indonesia bersama rombongan pada Selasa (26/7) malam.

"(Kronologi) persisnya saya kurang tahu, tapi ada jemaah asal Cianjur yang  tertabrak. Saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit di Arab Saudi. Sudah hampir seminggu," terang Usep saat dimintai konfirmasi, Rabu (27/7).

Dengan begitu, kata Usep, jumlah jemaah haji pada kloter 16 asal Kabupaten Cianjur jadi berkurang dua orang. Satu orang meninggal dunia dan satu orang lagi sedang dalam perawatan di rumah sakit.

"Pada kloter 16 itu jumlah jemaah haji seluruhnya ada 404 orang ditambah petugas 6 orang, jadi semuanya 410 orang. Tapi kemarin (Selasa malam) yang pulang menjadi 408 orang. Satu orang atas nama Pak Hasbulloh meninggal dunia dan satu orang lagi masih posisi di rumah sakit sehingga belum bisa dipulangkan," kata Usep.


Baca juga: Polda Sumsel Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ribu Baby Lobster


Ia menambahkan, pihaknya akan mengupayakan jemaah haji yang mengalami kecelakaan itu bisa dipulangkan bersama dengan jemaah haji lain asal Kabupaten Cianjur tergabung dalam kloter 30. Rencananya, jemaah haji kloter 30 akan tiba di Indonesia pada 5 Agustus 2022.

"Mudah-mudahan dengan sisa kloter yang ada, jemaah yang sedang dirawat di rumah sakit di Arab Saudi itu, kondisinya pulih saat nanti jemaah haji kloter 30 dipulangkan. Mudah-mudahan bisa ditanazulkan atau pindahan kloter," bebernya.

Usep menuturkan, jemaah haji atas nama Cucu berangkat bersama suaminya. Saat ini, suaminya sudah berada di Indonesia.

"Kami terus memantau perkembangan kondisi jemaah atas nama Ibu Cucu. Semua biaya perawatan ditanggung pemerintah Arab Saudi karena kan setiap jemaah haji sudah diasuransikan," tuturnya.

Secara umum, sebut Usep, proses pemulangan jemaah hasil kloter 16 berjalan dengan aman dan lancar. Termasuk semua barang bawaan dalam kondisi aman.

"Kalau sahara (koper) itu sudah lebih dulu tiba. Tapi pas kemarin malam (Selasa), para jemaah haji setelah tiba di Gedung Dakwah disarankan segera pulang agar semuanya bisa tertib. Untuk sahara atau barang bawaan bisa diambil hari ini (Rabu). Dengan skema seperti ini alhamdulillah proses pemulangan dan penjemputan oleh pihak keluarga berjalan aman, lancar, dan tertib," pungkasnya. (OL-16)

Baca Juga

Metrotv/Fransiskus Gerardus Molo

Kunjungi Desa Terpencil, Aiptu Yoseph Harus Gotong Motor

👤Fransiskus Gerardus Molo 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:00 WIB
Akses jalan itu dibuka sejak 2017 namun hingga kini belum diperhatikan. Akses jalan putus akibat diterpa Badai Seroja, pekan lalu, sehingga...
MI/Palce Amalo

Bank Indonesia NTT Lepas Ekspor Perdana Kacang Lurik Organik ke Jerman

👤Palce Amalo 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:30 WIB
Ekspor perdana dilepas dari gudang Kantor Cabang PT Profil Mitra Abadi Cabang Kupang di Kelurahan Maulafa, Kota Kupang, yang ditandai...
ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya