Kamis 07 April 2022, 14:11 WIB

Gali Tanah untuk Sumur, Warga Sidoarjo Temukan Situs Kuno

Heri Susetyo | Nusantara
Gali Tanah untuk Sumur, Warga Sidoarjo Temukan Situs Kuno

MI/Heri Susetyo.
Krisna.

 

WARGA di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menemukan situs kuno kerajaan saat menggali tanah untuk sumur di depan warungnya. Situs tersebut diduga tempat petirtaan atau pemujaan pada zaman Kerajaan Jenggala.

Situs kuno ini ditemukan Krisna, 38, warga Dusun Tanjungsari Desa Karangtanjung Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Awalnya dia menggali tanah untuk sumur pada November 2021. Namun baru setengah meter menggali, ia menemukan tumpukan batu bata berukuran besar.

Krisna kemudian menggeser tempat penggaliannya sekitar tiga meter dari galian pertama. Namun lagi-lagi menemukan tumpukan batu bata. Hanya, yang ini agak lebih dalam.

"Batu bata yang ditemukan tersebut berukuran besar dengan panjang 42 sentimeter, lebar 25 sentimeter, dan tinggi 7 sentimeter," kata Krisna (7/4). Ia sudah melaporkan temuan situs tersebut ke perangkat desa setempat dan meneruskannya kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. BPCB Jatim kemudian melarang Krisna melanjutkan penggalian.

Tumpukan batu bata kuno tersebut diduga peninggalan zaman Kerajaan Jenggala. Kerajaan ini diketahui berdiri pada 1042 dan berakhir sekitar 1135-an.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang Temukan Jajanan Taljil Kandung Formalin dan Boraks

Selain ditemukan susunan tumpukan batu-bata, di dekat lokasi juga banyak serpihan tempayan dari keramik. Ada pula guci kecil dari tanah liat. (OL-14) 

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Tren Healing Melukat di Carangsari, Berkahnya Mengalir Hingga ke APBD Kabupaten

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:09 WIB
Berkendara 90 menit saja dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, kita akan tiba di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung,...
Ist

Jogja Fair 2022 Digelar Bersamaan Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:00 WIB
Event berkelas yang memadukan dari segi bisnis, edukasi, dan hiburan ini akan dihelat di Jogja Expo Center pada 6-9...
DOK Sahabat Ganjar

Emak-Emak Kuningan Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:35 WIB
DUKUNGAN terhadap Ganjar Pranowo untuk maju dalam pilpres 2024 terus mengalir. Kali ini, dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu datang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya