Selasa 08 Februari 2022, 14:23 WIB

Aruna PV Targetkan Pasang Panel Surya hingga 28 MW

Mediaindonesia.com | Nusantara
Aruna PV Targetkan Pasang Panel Surya hingga 28 MW

DOK Pribadi.
Berdasarkan data, panel surya yang terpasang itu dapat mengurangi karbon emisi hingga 1.400.490 kg CO2 per tahun.

 

DUKUNGAN untuk mengurangi emisi karbon menjadi perhatian serius dari Aruna PV. Perusahaan energi terbarukan dan berkelanjutan yang bergerak di industri penyedia photovoltaic (PV) tersebut menargetkan pada tahun ini untuk memasang panel surya di sejumlah tempat di Indonesia. 

"Proyeksinya untuk tahun ini kami bisa menghasilkan 28 megawatt (MW) dari pemasangan panel surya," kata Audwin Purwadi, Direktur PT Aruna Cahaya Pratama, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (8/2/2022). Optimisme ini disampaikan setelah Aruna PV meresmikan pemasangan panel surya dengan PT Mitrametal Perkasa di Karawang pada 3 Februari 2022. 

Kegiatan itu, kata dia, menjadi bagian utama dari komitmennya mendukung program pemerintah untuk mengurangi emisi karbon. "Berdasarkan program pemerintah dan arahan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahwa setiap pabrik di Jawa Barat diwajibkan memasang panel surya di atas atap yang tersedia, kini PT Mitrametal Perkasa menunjuk Aruna PV sebagai partner dalam rangka pelaksanaan proyek pemasangan panel surya. Harapannya ini bisa mendukung pengurangan emisi karbon," tuturnya. 

Audwin juga optimistis dukungan terhadap pengurangan emisi karbon ini akan memberikan dampak juga terhadap pemasangan panel surya di tempat lain dalam kawasan industri. "Ini mengingat bahwa operasional di kawasan industri ini hampir bergerak 24 jam dan memerlukan pasokan energi listrik yang jumlahnya sangat tinggi. Jadi dengan pemasangan panel surya ini diharapkan bisa menekan konsumsi listrik secara signifikan," ujarnya. 

Baca juga: Belasan Siswa SMA/SMK Positif Covid-19, PTM Tetap Dilanjutkan

Lebih lanjut Audwin menjelaskan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang terpasang di PT Mitrametal Perkasa saat ini sebesar 1.553 kWp dan dapat menghasilkan energi listrik hingga 2.026 GWh per tahun. Berdasarkan data, kata dia, panel surya yang terpasang itu dapat mengurangi karbon emisi hingga 1.400.490 kg CO2 per tahun. 

Untuk itu, kata dia, pada tahun ini Aruna PV menargetkan dapat bekerja sama dengan seluruh sister company dari PT Mitrametal Perkasa terkait pelaksanaan pemasangan panel surya. "Semoga implementasinya dapat diselesaikan di akhir 2022 dan mulai beroperasi secepatnya. Kami percaya sinergi ini mampu memberikan dampak yang positif juga untuk lingkungan," kata Audwin. (OL-14)

Baca Juga

DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...
Dok. OMG Ganjar

Sikap Egaliter dan Peduli Budaya Lokal Bikin Orang Muda Lampung Jatuh Hati ke Ganjar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:11 WIB
"Kalau melihat dari anak-anak muda Lampung, sosok beliau adalah sosok yang egaliter, jadi dia peduli dengan rakyatnya, peduli dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya