Kamis 09 Desember 2021, 20:13 WIB

Satgas Pastikan Tidak Ada Vaksin Kadaluarsa di Jabar

Ant | Nusantara
Satgas Pastikan Tidak Ada Vaksin Kadaluarsa di Jabar

Antara
Ilustrasi

 

KETUA Divisi Vaksinasi Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat Dedi Supandi memastikan tidak ada vaksin yang kedaluwarsa di provinsi tersebut.

"Dan memang ada kekhawatiran vaksin di Jabar kedaluwarsa ketika saat ini terjadi penurunan kecepatan harian vaksinasi, lalu vaksinnya bagaimana karena tidak terpakai sementara kan vaksin itu ada masa kedaluwarsanya," ujar Dedi Supendi pada acara Sharing Sessions Outlook Jabar 2022 yang digelar Pokja PWI Gedung Sate, di Bandung, Kamis (9/12)

Dedi menuturkan di wilayah Jabar tidak pernah ada vaksin kedaluwarsa karena pihaknya menerapkan sistem silang kebutuhan vaksin. Ia mencontohkan jika ada wilayah yang memiliki kelebihan vaksin dan belum terpakai maka pihaknya akan meminjam vaksin tersebut kepada daerah yang membutuhkan vaksinasi.

Ia menamnahkan, kalau ada kabupaten kota terancam kedaluwarsa satu bulan maka pinjam pakai vaksin kemudian saat ini ada dua kabupaten yang mau habis kadaluwarsanya.

"Jadi nanti pinjam biar ke kabupaten yang butuh untuk dosis pertama dan kedua. Jadi di Jabar tak ada vaksin kedaluwarsa. Dari pada kedaluwarsa mending untuk booster," kata dia.

Untuk selanjutnya, lanjut Dedi, vaksin yang dipinjamkan akan diganti dengan pendistribusian vaksin selanjutnya. "Kemudian diharapkan tidak ada vaksin kedaluwarsa, selama ini alhamdulillah tidak pernah ada," katanya.

Terkait capaian vaksinasi pihaknya mencatat lima daerah capaian vaksinnya rendah yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bogor, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Tasikmalaya. Rendahnya capaian vaksinasi dua di antara lima daerah tersebut masuk pada dalam daerah PPKM Level 3 yaitu Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan. (OL-8)

Baca Juga

MI/Kristiadi.

Satpam Bank BJB Tangkap Pembobol Mesin ATM di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 23 Januari 2022, 15:10 WIB
Setelah lima menit, pelaku langsung beraksi di ruangan itu dengan membuka paksa brankas uang bagian bawah dengan memakai tangannya...
Antara/Arnas Padda.

Sulawesi Selatan Temukan Kasus Pertama Omikron

👤Lina Herlina 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:50 WIB
NA saat ini sudah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padjonga Dg Ngalle...
DOK BIN

BIN Jabar Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19

👤Naviandri 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:35 WIB
Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung menyebutkan pihaknya mengalami kesulitan untuk pemberian vaksinasi kepada anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya