Minggu 18 Juli 2021, 12:00 WIB

Pemkot Malang Wajibkan Panitia Kurban Tes Swab Covid-19 Negatif

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkot Malang Wajibkan Panitia Kurban Tes Swab Covid-19 Negatif

Antara
Petugas Dinas Peternakan menempelkan label poel (cukup umur) dan sehat pada hewan kurban di pusat penjualan hewan kurban di Malang, Jawa Tim

 

PEMERINTAH Kota Malang, Jawa Timur mewajibkan panitia penyembelihan hewan kurban secara mandiri di masjid dan musala tes swab covid-19 dengan hasil negatif. Penyembelihan hewan kurban juga bisa di rumah potong hewan atau Perumda Tunas. Kebijakan itu untuk mengantisipasi dini potensi munculnya klaster baru covid-19 saat Idul Adha 1442 H/2021.

Data sementara, panitia masjid dan musala sudah mendaftarkan penyembelihan dan pengulitan 56 sapi dan 30 kambing di Perumda Tunas. Dari data itu, 18 hewan kurban rencananya disembelih Selasa (20/7).

Pihak Perumda Tunas menerapkan protokol kesehatan dan mencegah kerumunan. "Estimasi waktu dibatasi, jam kerja kami 8 jam," tegas staf bagian umum Perumda Tunas Kota Malang Kendick Hidayat, Minggu (18/7).

Di Kota Malang ada 360 masjid, bisa dipastikan menyembelih hewan kurban. Termasuk panitia musala dan lembaga pendidikan melakukan hal serupa. Karena itu Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan pengaturan diperlukan agar kegiatan qurban tidak menjadi potensi klaster baru covid-19.

Penyembelihan hewan di Perumda Tunas pada 20-23 Juli, pendaftaran ditutup Senin (19/7). Biaya penyembelihan Rp300 ribu per ekor sapi dan Rp200 ribu per ekor kambing. Sedangkan penyembelihan mandiri dibatasi pada 21-23 Juli.

Pelaksana tugas Direktur Perumda Tunas Elfiatur Roikha mengatakan mampu memotong 170 ekor sapi dan 160 ekor kambing per hari. "Biaya penyembelihan hewan ada subsidi dari dukungan Baznas maupun subsidi dari Perumda Tunas sendiri," kata Elfi.

Sementara itu pelaksana tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sri Winarni mengatakan sudah memeriksa 92 titik penjualan hewan qurban. Hal itu untuk memastikan kelayakan, kesehatan dan kehalalan.(OL-13)

Baca Juga: Libur Idul Adha, Semua Tempat Wisata di Jawa-Bali Tutup

 

Baca Juga

DiskominfosantikKalteng

Gubernur Kalteng Bentuk Tim Pengawasan Perizinan Berusaha Terintegrasi

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 17 Januari 2022, 11:03 WIB
Hal ini untuk menindaklanjuti kebijakan Presiden Joko Widodo yang mencabut izin 2.078 perusahaan tambang mineral dan batubara yang...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Bintan Targetkan jadi Sentra Sorgum

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 10:30 WIB
Plt Bupati Kabupaten Bintan, Kepri, Roby Kurniawan menargetkan daerah itu menjadi sentra atau surga bagi tanaman sorgum di...
Mi/Gabriel Langga

Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster di Sikka Mulai Digelar untuk Pelayan Publik

👤Gabriel Langga 🕔Senin 17 Januari 2022, 10:25 WIB
Vaksinasi booster ini yang diperuntukkan bagi pelayanan publik seperti ASN, tenaga kesehatan, dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya