Minggu 04 Juli 2021, 12:41 WIB

Ruang ICU Pasien Covid-19 di Sejumlah RS di Banyumas Penuh

Lilik Darmawan | Nusantara
Ruang ICU Pasien Covid-19 di Sejumlah RS di Banyumas Penuh

ANTARA FOTO
Ilustrasi ruang ICU

 

KENAIKAN jumlah kasus covid-19 di Banyumas, Jawa Tengah, membuat tempat tidur (TT) ICU di sejumlah rumah sakit (RS) dipenuhi pasien covid-19. Kenyataan itu disampaikan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein setelah menyambangi sejumlah RS di Banyumas.

RS yang dipantau oleh Bupati adalah RS Islam, RS Hermina, RSUD Ajibarang, RS Medika Lestari dan RSUD Banyumas.

"Pada saat saya melakukan pengecekan di sejumlah RS, ternyata memang ada RS yang jumlah ruangan ICU penuh. Hal ini terjadi karena dalam beberapa waktu terakhir kasus covid-19 di Banyumas mengalami kenaikan," kata Bupati di sela-sela  pemantauan RS pada Sabtu (3/7) malam.

Dijelaskan oleh Bupati, ada pasien yang tertunda masuk dan berada di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Ini memang dampak dari kenaikan kasus covid-19 di Banyumas. Sekarang ICU sudah penuh, isolasi sudah penuh, sekarang masuk di IGD, besok (hari ini) harus ada solusi," ujarnya.

Baca juga:  BOR RS Rujukan di Banyumas Nyaris Penuh, Tempat Tidur Tersisa 11%

Menurut Bupati, pihaknya meminta Direktur RS rujukan covid-19 untuk mencari solusi dan mendapat masukan untuk mengambil sikap, agar kapasitas rumah sakit sama dapat menampung semua pasien.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Arif Sugiono mengatakan kunjungan Bupati ke RS rujukan dilakukan sebagai antisipasi dan kebijakan yang akan diambil akibat melonjaknya covid-19 di Banyumas dan secara umum di Jawa Tengah.

"Dari rumah sakit yang dikunjungi, ruang ICU dan isolasi terpantau penuh, ada pasien yang tertahan di IGD akibat tidak adanya kekosongan atau full ruang ICU dan isolasi," jelas Arif.(OL-5)


 

Baca Juga

dok.Ant

Kalsel Raih Empat Penghargaan Wana Lestari 2022

👤Denny Susanto 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 12:06 WIB
EMPAT perwakilan asal Provinsi Kalimantan Selatan meraih penghargaan Wana Lestari tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan...
MI/Dwi Apriani

Lomba Balap Karung di Tasikmalaya Telan Korban Jiwa

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 11:10 WIB
PERLOMBAAN balap karung di Kampung Gunung Bubut, Kelurahan Cipawitra, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jabar menelan satu korban...
dok.ist

Milenial Garut Rayakan HUT Ke-77 RI Gemakan Inspirasi Ganjar

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:52 WIB
SEBANYAK 52 tenda UMKM turut meramaikan Konser Milenial Memperingati HUT ke-77 RI yang diadakan di Wisata Kuliner Kerkof, Jalan Merdeka,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya