Kamis 24 Juni 2021, 13:36 WIB

83% Anak Stres Sekolah Daring, Makasar Pastikan PTM Mulai Juli

Lina Herlina | Nusantara
83% Anak Stres Sekolah Daring, Makasar Pastikan PTM Mulai Juli

ANTARA FOTO/Arnas Padda
Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan cairan disinfektasn di Sekolah Negeri Percontohan PAM di Makassar, Sulawesi Selatan.

 

HASIL survei Dinas Pendidikan Kota Makassar terhadap 429 responden yang terdiri atas guru, orang tua dan anak sekolah mencatat, 81 persen guru merasa kewalahan menghadapi pembelajaran daring, dan 98 persen orang tua juga merasakan demikian. Sementara 83 persen anak yang dilaporkan stres akibat pembelajaran jarak jauh.

Karernanya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba mengungkapkan, Pemerintah Kota Makassar berencana membuka sekolah tatap muka mulai Juli 2021. Meski pembukan sekolah akan tetap bergantung pada perkembangan kasus covid-19 yang terjadi.

Menurutnya, semua sekolah di Makassar pada dasarnya sudah siap dan hanya menunggu keputusan akhir. Sambil menunggu, sekolah-sekolah rutin disemprot disinfektan.

Kata Nielma, setidaknya ada 46 indikator yang harus dipenuhi oleh sekolah yang mengajukan siap menggelar belajar tatap muka. Jika pun semua terpenuhi, maka Dinas Pendidikan tetap harus melakukan verifikasi langsung.

Baca juga: Relawan Sulit Dicari, Ratusan Nakes Jepara & Kudus Positif Covid-19

"Pasti kita bakal cek ulang, jangan sampai verifikator kita ini ada yang tidak benar kerjanya, akan ada crosscheck lagi. Dan itu tergantung lagi kasus covid-19 terkini, apakah melandai atau tidak," kata Nielma.

Ada beberapa sekolah di semua kecamatan telah diverifikasi langsung. Tapi Nielma enggan menyebutkan hasilnya, lantaran belum dibahas lebih lanjut. Ditambah lagi, saat ini Dinas Pendidikan sedang fokus pada pelaksanaan PPDB.

Dinas Pendidikan Makassar tetap dengan rencana memulai sekolah tatap muka pada tahun ajaran baru. Tapi keputusan itu belum final, sebab semua tergantung pada situasi pandemik. Tapi Nielma memastikan, aktivitas sekolah tatap muka berlangsung sesuai jadwal dengan alasan kasus di Makassar masih terkendali.

"Hampir dua tahun, siswa di Makassar juga telah mengikuti pembelajaran daring dari rumah. Sejak awal, belajar daring ini dianggap tidak efektif. Makanya, kita tetap ingin supaya pelaksanaan sekolah tatap muka bisa digelar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan," seru Nielma. (OL-4)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Ratusan Pasien Covid-19 Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:02 WIB
Evakuasi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan ke Asrama Haji Donohudan itu merupakan pelaksanaan manajemen...
MI/Gabriel Langga

Pandemi Buat Minat Kursus Menjahit Kalangan Muda di Sikka Meningkat

👤Gabriel Langga 🕔Senin 02 Agustus 2021, 07:28 WIB
"Sejak pandemi ini, banyak sekali yang datang mengikuti kursus menjahit di lembaga saya yang datang dari kalangan muda yang berasal...
ANTARA/Bayu Pratama S

Ratusan Hektare Hutan dan Lahan di Kalsel Terbakar

👤Denny Susanto 🕔Senin 02 Agustus 2021, 06:49 WIB
Dinas Kehutanan Kalsel mencatat luas areal yang terbakar sedikitnya 142,9 hektare dan 29 hektare di antaranya berada dalam kawasan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya