Kamis 24 Juni 2021, 13:22 WIB

Relawan Sulit Dicari, Ratusan Nakes Jepara & Kudus Positif Covid-19

Akhmad Safuan | Nusantara
Relawan Sulit Dicari, Ratusan Nakes Jepara & Kudus Positif Covid-19

Dok MI
Ilustrasi nakes terpapar covid-19

 

TENAGA Kesehatan (Nakes) terpapar covid-19 di Jepara dan Kudus yang terpapar covid-19 mencapai  ratusan orang. Namun, hingga saat ini, di kedua wilayah tersebut masih sulit mencari relawan guna menambal kurangnya nakes.

Pemantauan Media Indonesia, Kamis (24/6), kasus covid-19 di Kabupaten Kudus dan Jepara masih tinggi, mencapai ribuan orang. Kondisi ini semakin sulit lantaran ratusan nakes ikut terpapar, meskipun tingkat kesembuhan juga cukup tinggi.

Hingga saat ini, ribuan warga terkonfirmasi covid-19 di kedua daerah tersebut masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan isolasi baik berpusat maupun mandiri. Tenaga kesehatan yang ada pun kewalahan hingga berupaya melakukan perekrutan relawan kesehatan.

"Di daerah ini ada 580 nakes terpapar covid-19, dari jumlah itu 196 orang sembuh dan sebagian sudah mulai kembali aktif di tempat tugasnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mudrikatun.

Berdasarkan data jumlah warga Jepara terkonfirmasi covid-19, lanjut Mudrikatun, hingga saat ini 1.958 orang dirawat di rumah sakit dan isolasi, jumlah itu menurun dibandingkan sebelumnya yang mencapai di atas 2.000 orang.

"Kami kesulitan merekrut relawan nakes karena hingga saat ini baru terekrut 32 orang dari kebutuhan sekitar 78 orang," imbuhnya.

Baca juga: Kudus Kembali Terapkan Sepekan di Rumah Saja

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo secara terpisah mengatakan di daerahnya jumlah nakes terpapar covid-19 sebagian besar sembuh dan sudah mulai aktif kembali bertugas, dari 308 nakes terpapar virus korona sebanyak 193 orang sudah sembuh dan kembali ke tempat tugasnya.

Berdasarkan data yang ada, demikian Badai Ismoyo, kasus covid-19 di Kabupaten Kudus hingga saat masih fluktuatif, jumlah warga terpapar virus korona kembali memanjat baik capai 2.045 orang dirawat di sejumlah rumah sakit dan isolasi atau naik dibandingkan sebelumnya berkisar 1.900 orang.

"Vaksin covid-19 terbukti ampuh, banyak nakes terpapar virus korona sembuh karena sudah divaksin, bahkan prosentase warga terkonfirmasi covid-19 sebagian besar karena belum disuntik vaksin," ujar Badai Ismoyo.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Sebanyak 77 Ribu Pelanggan di Babel Nikmati Stimulus Listrik

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 21:14 WIB
Sebanyak 77.055 pelanggan tersebut terdiri dari pelanggan rumah tangga subsidi daya 450 VA sebanyak 35.140 pelanggan dan rumah tangga...
dok/FMKI

Kaderisasi Nasional V FMKI, Kepala BMKG : Jadilah Pemimpin, bukan Bos

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 19:55 WIB
Seorang pemimpin harus visioner, mampu memberdayakan seluruh anggota...
 ANTARA/Seno

Pengamat Politik Menilai Tuduhan ke Moeldoko Harus Dilawan

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 19:50 WIB
Serangan yang dituduhkan kepada Moeldoko tersebut bukan lagi bernuansa hukum, karena tuduhannya diumbar di ruang publik tanpa menyajikan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya