Rabu 19 Mei 2021, 13:15 WIB

Libur Idul Fitri, 899 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Sumatra

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Libur Idul Fitri, 899 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Sumatra

DOK/HUTAMA KARYA
Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang

 

TAHUN ini, perayaan Idul Fitri terjadi di tengah tekanan pandemi covid-19. Pemerintah pun memberlakukan laranan mudik, demi menjaga kesehatan masyarakat.

Dalam kondisi tersebut, PT Hutama Karya, pengelola Jalan Tol Trans Sumatra tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol yang tetap harus berpergian.

Perusahaan mencatat total volume lalu lintas yang melintas di Jalan Tol Trans sumatra sejak Kamis (6/5) hingga Senin (17/5) mencapai  899.639 kendaraan. Adapun angka tersebut merupakan akumulasi dari total kendaraan di ruas tol yang dikelola oleh Hutama Karya.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol
Hutama Karya J Aries Dewantoro mengatakan, selama libur Lebaran 2021
ini, trafik kendaraan tertinggi dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra, terjadi pada Jumat (7/5). Volume kendaraan mencapai 3.063 unit. Sementara untuk trafik arus balik terjadi pada Senin (17/5).

"Arus balik dari arah Pulau Sumatra menuju ke Pulau Jawa yakni sebanyak
2.737 kendaraan. Masyarakat sepertinya cukup mematuhi larangan mudik dari pemerintah sehingga tidak adanya lonjakan lalu lintas yang berarti," kata Aries, Rabu (19/5).

Sementara untuk kegiatan penyekatan, Hutama Karya mencatat sebanyak total 1.170 kendaraan yang tidak dapat menunjukan dokumen kesehatan
diputarbalikan dari Kamis (6/5) hingga Senin (17/5) dari total
8.571 kendaraan yang diperiksa. Penyekatan dilakukan di pintu tol
Bakauheni Selatan di Ruas Bakter, pintu Simpang Pematang dan pintu Kayu Agung di Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan akses pintu Dumai di ruas Pekanbaru-Dumai.

Aries juga mengatakan dalam pengoperasian jalan tol yang dikelola, Hutama Karya, perusahaan memperketat protokol covid-19 yang berlaku di sepanjang jalan tol maupun rest area. Mereka mewajibkan petugas tol menggunakan masker, faceshield dan sarung tangan pada saat melayani pengguna jalan tol.

Selain itu juga  melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, menerapkan physical distancing, menyediakan tempat cuci tangan di rest area dan cabang tol, serta mendirikan pos cek kesehatan bekerja sama dengan rumah sakit.

"Khusus untuk ruas-ruas tol JTTS yang ada di Provinsi Lampung juga
dilakukan tes secara langsung di rest area apabila pengguna jalan tersebut tidak dapat menunjukan surat keterangan negatif covid-19. Basisnya tes antigen, swab PCR dan GeNose C19," lanjut Aries.

Sementara bagi pengguna jalan yang dinyatakan negatif covid-19 diberikan tanda di kendaraannya dan diperbolehkan melanjutkan perjalanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, berkendara dalam kondisi prima, mengecek kondisi kendaraan, memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum melintas di jalan tol.

"Jangan lupa mengisi saldo dengan menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya. Di dalamnya terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE," lanjutnya.

Ia meminta warga melaporkan ke Call Centre masing-masing Cabang Tol apabila terjadi tindak kejahatan di jalan tol maupun rest area. "Tetap patuhi protokol covid-19 seperti menggunakan masker dan selalu mencuci tangan pada saat bepergian keluar rumah. Batasi diri untuk keluar
rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak." (N-2)

 

Baca Juga

Dok. Hutama Karya

Kolaborasi Hutama Karya-BWA Renovasi Surau di Salah Satu Desa Terpencil di Sumbar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:28 WIB
Surau ini menjadi satu-satunya tempat sarana ibadah masyarakat dan tempat anak-anak untuk belajar mengaji dan menghafal...
DOK MI

Pemkab Cirebon Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:24 WIB
CAPAIAN vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat baru mencapai 34 persen. Untuk menurunkan level PPKM, percepatan vaksinasi...
MI/Djoko Sardjono

Kodim Klaten Salurkan Bantuan BTPKLW

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:16 WIB
KODIM 0723 Klaten, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW). Penyerahan bantuan berlangsung di Aula...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya