Selasa 12 April 2016, 10:30 WIB

Bandara Syamsudin Noor Ditutup 2 Jam

MI | Nusantara
Bandara Syamsudin Noor Ditutup 2 Jam

Antara

 

BANDARA Internasional Syamsudin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ditutup selama 2 jam akibat permukaan aspal di landasan pacu terkelupas, kemarin petang. Perbaikan lapisan aspal yang diperhitungkan berlangsung 3 jam ternyata bisa tuntas dalam tempo 2 jam.

Manajer Operasi dan Teknik Bandara Syamsudin Noor Trubus Suharsono mengatakan penutupan bandara mulai dilakukan pukul 16.40 Wita. Aktivitas di bandara utama Kalimantan Selatan itu dibuka lagi pada 18.32 Wita.

"Penambalan dilakukan pada landasan pacu yang terkelupas di bagian tengah titik 1.000 meter. Penutupan bandara dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena titik aspal yang terkelupas tepat di bawah mesin pesawat terbang," tuturnya.

Aspal yang terkelupas berukuran 60 x 60 cm dan kedalaman 7 cm. "Ukurannya memang kecil, tetapi karena posisinya tepat di bawah mesin, ini sangat berbahaya," sambung Trubus.

Penutupan bandara selama 2 jam membuat sejumlah penerbangan dari Banjarmasin ke kota lain dan sebaliknya harus ditunda. Dari Banjarmasin, penerbangan yang ditunda mencapai tiga penerbangan, yakni Citilink tujuan Jakarta dan dua pesawat Garuda ke Surabaya. Pesawat yang tertunda mendarat di bandara itu mencapai enam penerbangan, yakni dari Jakarta dan Surabaya, yang seluruhnya dilayani Lion Air.

Di sisi lain, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Bandara Husein Sastranegara Bandung masih memerlukan perbaik-an dalam pelayanan, terutama untuk tamu asing. "Konsumen masih mengeluhkan area parkir yang terbatas, bus besar tidak boleh masuk area bandara, dan layanan taksi yang tidak standar," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi.

Dari Cirebon, Jawa Barat, dilaporkan, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Arief Natadiningrat berharap mutu infrastruktur menuju Cirebon yang terus ditingkatkan bisa membuat daerah itu menjadi tujuan bagi wisatawan lokal dan mancanegara. "Infrastruktur ke Cirebon semakin baik dan beragam, baik lewat darat, udara, maupun laut. Kondisi itu harus dibarengi dengan kesiapan daerah untuk menjadi daerah tujuan wisata."

Saat ini, untuk mencapai Cirebon dari Jakarta dan Bandung sangat mudah dengan adanya Tol Cipali. Bandara internasional Jawa Barat juga mulai dibangun.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur membuat tingkat konektivitas antarwilayah di Papua telah mencapai 61%. "Pembangunan jaringan transportasi yang dipacu dapat menerobos keterisolasian wilayah," kata Wagub Papua Klemen Tinal. (DY/UL/AM/MC/Ant/N-2)

Baca Juga

AFP/Putri

Madura United FC Minta KONI-Menpora Investigasi Tragedi Kanjuruhan, jangan PSSI

👤Mohammad Ghazi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:50 WIB
PRESIDEN Madura United FC, Achsanul Qosasi (AQ), tim investigasi tragedi Kanjuruhan lebih baik diserahkan ke KONI dan Kemenpora, jangan ke...
dok.mi

Plt Bupati Mimika Diduga Terlibat Korupsi Pengadaan Helikopter

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:42 WIB
KEJATI papua bersama Kejari Mimika tengah melakukan penyidikan dugaan korupsi pengadaan dua jenis pesawat yang telah dibeli oleh Dishub...
MI/Widjajadi

Tragedi Kanjuruhan Ancam Piala Dunia U-20 2023, Gibran Pasrah

👤Widjajadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 16:34 WIB
Kota Surakarta yang menjadi bagian dari Piala Dunia U-20 saat ini masih melakukan persiapan terbaik sebagai tuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya