Minggu 07 Februari 2021, 15:18 WIB

KLHK Hentikan Penambangan Minyak Ilegal di Hutan Sungai Air Mato

Atalya Puspa | Nusantara
KLHK Hentikan Penambangan Minyak Ilegal di Hutan Sungai Air Mato

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Sebelumnya, aparat kepolisian menghancurkan penambangan minyak ilegal di Bukit Subur, Bahar Selatan, Muarojambi, Jambi, beberapa bulan lalu.

 

TIM Operasi Gabungan Ditjen Gakkum KLHK, Polda Jambi, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi dan TNI, 5 februari 2021, menghentikan kegiatan ilegal penambangan minyak di kawasan Hutan Produksi Sungai Air Mato, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Di lokasi Tim Operasi Gabungan menemukan 62 sumur minya, 20 bak wadah penampung, 1 tangki boks besi, 18 tangki fiber atau tangki tedmon, 4 mesin pengebor, 1 pompa, 50 batang pipa besi, 62 rol penarik canting, dan pipa saluran minya sepanjang 8 km.

”Saya menyampaikan apresiasi kepada semua anggota Tim Operasi Gabungan atas keberhasilan operasi ini. Selain illegal logging, illegal drilling marak di Provinsi Jambi. Kami sudah mengidentifikasi dan merencanakan operasi penghentian ini. Masih ada aktivitas serupa di lokasi lain dan kami akan terus menghentikan dan menindak para pelaku kejahatan lingkungan ini,” Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan, Ditjen Gakkum KLHK Sustyo Iryono dalam keterangan resmi, Minggu (7/2).

Operasi gabungan ini menindaklanjuti informasi dari masyarakat mengenai maraknya kegiatan penambangan ilegal di dalam kawasan hutan negara, yang merupakan area konsesi Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Tanaman Industri PT Agronusa Alam Sejahtera, di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

”Kami akan terus bekerja sama dengan Kepolisian, TNI, pemda dan pihak terkait lainnya untuk menyelidiki dan menyidik, mengungkap pelaku dan pemodal kegiatan ilegal ini, dan menghukum seberat-beratnya," kata Direktur Jenderal Gakkum KLHK Rasio Ridho Sani.

"Illegal drilling ini kejahatan luar biasa yang merusak ekosisten, mencemari lingkungan, menyebabkan hilangnya pendapatan negara, dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kecelakaan yang merenggut nyawa manusia,” ucap Rasio Ridho Sani.

Hasil operasi penertiban illegal drilling ini akan ditindaklanjuti bersama-sama sesuai dengan kewenangan masing-masing institusi. (Ata/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/

Menantu Jokowi Janji Akan Perbaiki Hubungan dengan Jurnalis

👤Antara 🕔Sabtu 17 April 2021, 02:21 WIB
Ia mengaku bahwa pihaknya telah membaca maupun mendengarkan berbagai informasi yang diterima, termasuk "Wali Kota serasa...
MI/PIUS ERLANGGA

Pemkot Lhokseumawe Tindak Tegas Pedagang Makanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:56 WIB
Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Satpol-PP dan WH akan menindak tegas bagi pedagang bandel yang menjual makanan berbuka puasa sebelum...
MI/Tri Subarkah

PBNU Mengkritik Pemkot Serang Terkait Larangan Buka Warung Makan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:20 WIB
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengkritik keputusan Pemerintah Kota Serang Provinsi Banten soal larangan restoran, cafe, warung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya