Jumat 04 Desember 2020, 23:33 WIB

Solusi Atasi Kendala Belajar Matematika secara Daring

Syarief Oebaidillah | Nusantara
Solusi Atasi Kendala Belajar Matematika secara Daring

Ilustrasi
Pelajaran matematika merupakan momok bagi kebanyakan siswa.

 

BAGI kebanyakan siswa, matematika merupakan mata pelajaran yang paling sulit.Terlebih, di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa belajar secara daring.

Dengan belajar secara daring, siswa dituntut untuk memahami pelajaran matematika tanpa bimbingan tatap muka dari guru. Kebanyakan orang tua pun kadang sulit untuk membantu anak mereka belajar matematika karena berbagai faktor.

Namun, kesulitan itu bisa diatasi dengan membuat proser belajar matematika yang menarik para siswa, terutama siswa di jenjang sekolah dasar. "Belajar secara daring harus dirancang guna memastikan anak dapat memperoleh kemampuan berpikir. Selain itu, belajar secara daring melatih kemampuan problem solving serta meningkatkan kemandirian anak," jelas Presiden Direktur Shinkenjuku, Keiko Toyoizumi, Kamis (3/12).

Shinkenjuku sendiri merupakan bimbingan belajar matematika uanmgh dikhususkan untuk siswa sekolah dasar.

Menurut Toyoizumi, anak-anak bisa belajar dari mana saja dan tidak mengurangi keseruan anak dalam belajar matematika. Melalui siklus wawancara kemudian pembelajaran/praktik dan berlanjut ke diagnosis kemampuan, jelas Toyoizumi, lembaga yang dipimpinya akan memberikan bimbingan sambil mengamati setiap anak.

Toyoizumi menambahkan, Shinkenjuku menekankan pada pemahaman konsep, serta penguatan kemampuan berpikir anak. Hal ini penting untuk guna mendukung keselamatan dan kesehatan  peserta didik menjadi paling penting.

"Kami berpegang teguh pada komitmen membantu pendidikan anak-anak Indonesia yaitu dangan mengubah proses pembelajaran yang sebelumnya tatap muka menjadi servis layanan baru yang diberi nama Shinkenjuku Online," ujar Toyoizumi.

Shinkenjuku Online, lanjut Toyoizumi, mengajak anak mengasah literasi matematika menggunakan modul belajar berisikan karakter-karakter menarik. "Sistem belajar itu menemani anak-anak memahami konsep-konsep matematika dalam bentuk cerita," tuturnya. (RO/R-1)

Baca Juga

Antara/Adwit B Pramono

Manado Dilanda Banjir dan Tanah Longsor, 5 Orang Meninggal

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 17 Januari 2021, 16:46 WIB
Setidaknya 500 orang terpaksa mengungsi akibat banjir dan tanah longsor di Manado sejak Sabtu sore. Wilayah tersebut dilanda hujan dengan...
ANTARA FOTO/ Akbar Tado

Anjing Pelacak Dikerahkan Bantu Pencarian Korban Gempa di Mamuju

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 15:21 WIB
Anjing pelacak dari Unit K-9 SAR Polri diperbantukan dalam upaya untuk menemukan korban gempa di antara puing bangunan rumah...
ANTARA/Amirullah

Pencarian Korban Terjebak Reruntuhan Gempa Mamuju Terus Dilakukan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 15:07 WIB
Kondisi terkini di Mamuju, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), yang masih diwarnai aktivitas evakuasi korban gempa di mana tim...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya