Sabtu 28 November 2020, 23:25 WIB

KPU DIY Pastikan Petugas KPPS Bebas dari Covid-19

Widhoroso | Nusantara
KPU DIY Pastikan Petugas KPPS Bebas dari Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas pada Pilkada Serentak 2020 akan diminta menjalani tes cepat untuk memastikan bebas dari infeksi Covid-19.

"Seluruh petugas KPPS kita rapid sebelum menjalankan tugas. Kalau ada yang reaktif hasil rapidnya, maka langsung kita swab," kata Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU DIY Ahmad Shidqi, di Yogyakarta, Sabtu (28/11).

Tes cepat, menurut dia, akan dilakukan sekitar sepekan sebelum hari pemungutan suara Pilkada 2020 yang akan berlangsung di Kabupaten Sleman, Gunung Kidul, dan Bantul. Ia berharap masyarakat tidak khawatir menggunakan hak suaranya pada pilkada mendatang, sebab setiap anggota KPPS atau petugas lainnya di TPS akan langsung diganti apabila rapid test menunjukkan hasil reaktif.

"Jika hasil swab positif, maka kita isolasi berkoordinasi dengan pemda. Kita langsung cari pengganti yang baru dan dirapid dulu, begitu seterusnya," kata Shidqi.

Ia memastikan seluruh sarana pendukung protokol kesehatan pada pilkada mendatang sudah siap, meliputi thermo gun untuk mengecek suhu tubuh pemilih, tempat cuci tangan, hand sanitizer, serta alat pelindung diri (APD) berupa masker, sarung tangan, serta face shield (pelindung wajah). Sedangkan, untuk menghindari kerumunan di TPS, KPU akan mengatur jadwal kedatangan setiap pemilih dan jumlahnya dibatasi maksimal 500 orang per TPS. (Ant/R-1)  

 

Baca Juga

DOK MI.

Seorang Anak di Cianjur Meninggal dengan Indikasi Suspek Difteri

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 25 September 2022, 14:45 WIB
Seorang anak warga Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia, dengan indikasi suspek...
DOK Tagana Pamijahan.

Jalan Utama Kecamatan Bantarkalong Menuju Culamega Tertutup Longsor

👤Kristiadi 🕔Minggu 25 September 2022, 14:30 WIB
Kepala Desa Pamijahan, Bantarkalong, Ipin Aripin, mengatakan hujan deras yang terjadi semalam menyebabkan suatu tebing longsor menimbun...
Ist

Finis Friendship Run Medan, Ganjar Terima Kalungan Kain Ulos dari Warga

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 13:39 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tersenyum lebar sembari mengangkat kain ulos saat memasuki garis finis Bank Jateng Friendship Run...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya