Selasa 18 Agustus 2020, 15:00 WIB

Volume Air Bendung Tilong Menyusut Drastis Diterpa Kemarau

Palce Amalo | Nusantara
Volume Air Bendung Tilong Menyusut Drastis Diterpa Kemarau

MI/Palce Amalo
Volume air bendungan tersisa 3 juta meter kubik, dibandingkan kapasitas total tampungan sebesar 19,7 juta meter kubik, Selasa (18/9/2020).

 

VOLUME air Bendung Tilong di Desa Oelnasi, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, kritis akibat kemarau.

Dari pantauan mediaindonesia.com, Selasa (18/8) siang, volume air bendungan tersisa 3 juta meter kubik, dibandingkan kapasitas total tampungan sebesar 19,7 juta meter kubik.

Pada kemarau Agustus 2019, volume air bendungan tersebut tercatat 5,9 juta meter kubik. Penyusutan dikhawatirkan terus bertambah jelang puncak kemarau pada Oktober-November 2020.

"Agustus tahun lalu tampungan air masih banyak, tetapi sekarang lihat sendiri, air semakin berkurang," kata Adi Neno, warga Desa Oelnasi.

Baca Juga: Inilah Wilayah Diprediksi Lebih Kering Saat Kemarau Tahun Ini

Penyusutan air mengakibatkan areal persawahan di desa tersebut tidak dapat diolah pada musim tanam kedua tahun ini. Menurut Adi, ia bersama warga lainnya hanya mengandalkan air dari sumur di tengah permukiman untuk kebutuhan minum, mandi dan cuci.

Bendung Tilong merupakan bendungan terbesar di Kabupaten Kupang memasok air ke 1.548 hektare areal persawahan di desa-desa di Kupang Tengah yakni Oelnasi, Noelbaki, Fatukanutu, Manufui, dan Tasipah. Selain itu, bendung tilong juga memasok air baku untuk kebutuhan warga di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Moses Nuban, petani di Persawahan Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah mengatakan sebanyak 170 dari 200 hektare di areal persawahan tersebut tidak diolah lantaran pasoan air dari Bendung Tilong terhenti.

"Air dari Tilong tidak dapat dialirkan ke sawah karena kemarau," ujarnya. Untuk 30 hektare persawahan lainnya, menurut Moses, tetap diolah untuk ditanami tanaman hortikultura, memanfaatkan air dari sumur bor di tengah persawahan. (OL-13)

Baca Juga: BMKG Prediksi Kemarau 2020 Mundur

 

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Pangkalpinang Dirikan Posko Siaga Banjir di Tiap Kecamatan

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:52 WIB
Sekda Kota Pangkalpinang Radmida Dawam mengatakan, posko siaga banjir ini didirikan untuk mengantisipasi musibah banjir akibat cuaca...
ANTARA

Pemkot Palembang Antisipasi Banjir di Puncak Musim Penghujan

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:47 WIB
Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa menginstruksikan Dinas PUPR untuk mulai mengecek secara harian di mana saja titik atau lokasi...
ANTARA

Pinjamkan Genset ke Perta Arun, PLN Pulihkan Kelistrikan Sumut

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:42 WIB
Padamnya aliran listrik yang sempat terjadi di sejumlah daerah di Sumut, termasuk Kota Medan, disebabkan terhentinya suplai gas bumi dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya