Sabtu 02 Mei 2020, 16:24 WIB

Cuaca Buruk Nelayan Pariaman Dua Pekan tidak Melaut

Antara | Nusantara
Cuaca Buruk Nelayan Pariaman Dua Pekan tidak Melaut

Antara
Sejumlah nelayan Pariaman, Sumbar sedang memperbaiki alat tangkap jaring.

 

KETUA Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Pariaman, Sumatera Barat Adek Oswandi mengatakan sebagian besar nelayan di daerah itu hampir dua pekan memilih tidak melaut akibat cuaca buruk dan dampak pandemi Covid-19. "Yang melaut ada namun jumlahnya tidak berapa," kata dia di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan banyaknya nelayan di daerah itu tidak melaut karena cuaca yang tidak menentu sehingga menyulitkan mereka menangkap ikan. Apalagi, katanya saat ini beredarnya pandemi Covid-19 sehingga warga diminta untuk tetap di rumah.

Ia menyampaikan jumlah nelayan Pariaman yang terdaftar di HNSI Kota Pariaman sekitar 1.500 orang dengan ekonominya berada pada menengah ke bawah.

Oleh karena itu, lanjutnya berharap cuaca kembali normal serta bantuan langsung tunai dari pemerintah terhadap warga terdampak Covid-19 segera cair sehingga dapat membantu ekonomi nelayan. "Saat ini sudah warga ada yang mendapatkan bantuan namun juga ada yang belum, mudah-mudahan dalam waktu dekat bantuan itu dapat sampai kepada nelayan," katanya.

Sejalan dengan itu salah seorang nelayan Desa Naras Hilir, Kecamatan Pariaman Utara Rinal, 42, mengatakan dirinya sudah empat hari tidak melaut karena kondisi cuaca yang tidak kondusif sehingga akan membahayakan keselamatan jika memaksakan diri melaut. "Saya lebih memilih bertahan di rumah hingga kondisi cuaca normal,” ujarnya.

Ia menyampaikan dalam cuaca buruk sekarang ketinggian ombak bisa mencapai dua hingga tiga meter di tengah laut sehingga berbahaya bagi nelayan.

Nelayan di daerah itu lebih memilih menghabiskan waktu untuk memperbaiki alat tangkap ikan sehingga dapat digunakan kembali ketika cuaca kembali normal. (OL-12)

Baca Juga

dok.ist

Relawan Mak Ganjar di Lampung Tengah Gemakan Doa untuk Indonesia Lebih Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:53 WIB
RELAWAN Mak Ganjar bersama ribuan emak-emak menggelar doa bersama untuk Indonesia di Ponpes Al-Mansyuriah 1, Dono Arum, Seputih Agung,...
dok.ist

Ganjar : 23 SMA/SMK di Jateng Terapkan Kurikulum Antikorupsi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:42 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak pihak sekolah untuk kreatif mengajarkan pendidikan antikorupsi. Semua mata pelajaran...
DOK.MI

Polisi Tangkap Buronan Kasus Pembunuhan di Diskotek Palembang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:42 WIB
Tersangka Anton Sujarwo ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Sukarame, Selasa (29/11) di rumahnya, setelah delapan bulan melarikan diri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya