Kamis 04 Februari 2016, 16:20 WIB

50 Persen Ormas di Kalsel Tidak Terdaftar

Denny S | Nusantara
50 Persen Ormas di Kalsel Tidak Terdaftar

ANTARA FOTO/M.Ali Khumaini

 

JUMLAH organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Selatan hanya 180. Jumlah tersebut hanya separuh dari jumlah ormas yang ada di Provinsi Kalsel.

Hal itu diungkapkan Kepala Kesbangpol Kalsel Hermansyah Manaf, Kamis (4/2). "Memang tidak ada kewajiban bagi ormas untuk mendaftar ke pemerintah daerah. Tetapi dengan memiliki surat keterangan terdaftar (SKT), ormas akan mendapatkan pembinaan," tuturnya.

Selain lebih mudah untuk melakukan pembinaan, ormas dan LSM yang memiliki SKT juga dapat mengakses dana bantuan sosial atau dana hibah dari pemerintah. Ormas yang tidak terdaftar tidak dapat dikatakan ilegal jika tidak memiliki SKT, karena keberadaan ormas diatur dalam UU Ormas.
"Ormas yang tidak mengantongi SKT tidak bisa berhubungan dengan pemerintah. Apalagi jika meminta bantuan pendanaan," tambahnya.

Ditambahkan Hermansyah, hingga saat ini belum ada peristiwa bentrokan antarormas. Hal itu dikarenakan pemda bersama aparat terkait terus melakukan pembinaan terhadap keberadaan ormas.

"Tidak ada ormas di Kalsel yang menguasai suatu kawasan atau proyek pemerintah. Namun memang ada anggota ormas yang bekerja seperti petugas parkir dan lainnya," ujarnya. (OL-2)

Baca Juga

Antara/Adiwinata Solihin

Lapas Kendari Berdayakan Narapidana untuk Kembangkan Pertanian Hidroponik

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:26 WIB
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari, Sulawesi Tenggara, memberdayakan narapidana dalam pengembangan pertanian tanaman...
MI/Dwi Apriani

Panglima TNI Tinjau Pelaksanaan Latihan Puncak Super Garuda Shield

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:23 WIB
PANGLIMA TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima Komando Indo Pasifik Admiral John C Aquilino meninjau pelaksanaan latihan puncak...
dok.ist

Ganjar Didoakan Ribuan Santri di Pemekasan untuk Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:20 WIB
TAK kurang dari 2.000 santri yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Timur ikut serta dalam gebyar salawat dan doa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya