Kamis 05 September 2019, 21:00 WIB

Berdayakan masyarakat, GMM tingkatkan Ekonomi Halmahera Selatan

mediaindonesia.com | Nusantara
Berdayakan masyarakat, GMM tingkatkan Ekonomi Halmahera Selatan

Dok. PT GMM
Kegiatan PT. GMM dalam memberdayakan masyarakat Halmahera Selatan

 

KEHADIRAN PT Gelora Mandiri Membangun (GMM) yang merupakan bagian usaha dari Korindo Group, di Desa Gane, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), dinilai mampu membantu meningkatkan perekonomian daerah.

Sebab dalam kegiatan usahanya, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit itu turut memberdayakan masyarakat lokal.

Sekretaris Desa Gane Dalam, Jamal Kun mengatakan, kehadiran PT GMM juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat, sehingga angka pengangguran di desa sekitar menurun.

Masyarakat di sekitar perusahaan yang sebelumnya hanya mampu menyekolahkan anaknya paling tinggi di SMA sederajat, kini bisa mencapai ke perguruan tinggi, karena masyarakat sudah mendapat penghasilan tetap dengan bekerja di perusahaan tersebut.

"Oleh karena itu, saya harap kegiatan perusahaan lebih diperbanyak untuk pemberdayaan, agar tingkat pendapatan dan perekonomian masyarakat sekitar bisa meningkat," kata Jamal dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Pemberdayaan Masyarakat Ikut Bantu Keberlanjutan Bisnis

Kepala Bagian Perencanaan PT GMM, Yahya mengungkapkan, pihaknya akan terus bersinergi dengan masyarakat setempat dalam mengelola kebun sawit.

Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 88% atau 664 orang tenaga kerja lokal yang dipekerjakan oleh PT GMM, sebagai bukti pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran dan turut menggerakkan roda perekonomian daerah.

Dia menambahkan, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk ikut mengembangkan potensi masyarakat sekitar yaitu dengan membantu membuka akses jalan dari satu desa ke desa lainnya.

Sebelumnya, 8 desa yang ada di sekitar perusahaan merupakan daerah yang sangat terisolir. Tetapi saat ini, dengan pembukaan akses jalan, warga dapat menggunakan roda dua dan roda empat dari ibukota Saketa Gane Barat hingga ke kawasan Gane Timur.

"Akses jalan telah dibuka sekitar 30 km dan warga yang tinggal mulai dari Desa Gane Dalam, Yomen Joronga saat ini sudah bisa terhubung hingga ke Saketa, Ibukota Kecamatan Gane Barat. Ini merupakan upaya perusahaan agar desa yang dahulunya terisolir bisa dibuka," kata Yahya.

Baca Juga

DOK/SEMEN GRESIK

Gelar Halalbihalal, Dirut Semen Gresik Perkuat Kinerja Manajemen dan Karyawan

👤Haryanto 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:20 WIB
Halalbihalal tahun ini sangat spesial karena manajemen dan karyawan dapat saling bersilaturahmi setelah dua tahun segala interaksi menjadi...
 ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Basabali Wiki Gelar Lomba Menulis Opini Sikap dan Tanggung Jawab Kemanusiaan Akibat Konflik

👤Arnoldus Dhae 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:15 WIB
Kompetisi Wikithon Partisipasi Publik dengan topik Pengungsi ini, terbuka bagi siswa SMP di Bali dan juga masyarakat...
Ist/Pemprov Babel

Babel Berangkatkan Jemaahnya Melalui Embarkasi Antara

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:13 WIB
Pemprov Babel berusaha agar pemberangkatan calon jemaah haji asal Babel Tahun 1443 H/2022 M, lebih baik dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya