Rabu 30 Januari 2019, 21:50 WIB

Polda NTB Gandeng PPATK Telusuri Dugaan Uang Sogokan Rp10 M

Antara | Nusantara
Polda NTB Gandeng PPATK Telusuri Dugaan Uang Sogokan Rp10 M

Ilustrasi

 

KEPOLISIAN Daerah Nusa Tenggara Barat menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri informasi aliran uang sogokan senilai Rp10 miliar dari tersangka penyelundup narkoba asal Prancis, Dorfin Felix, 35, ke anggota bagian tahanan.

"Kami coba dalami dengan perbankan, dan kita sudah 'enquiring' PPATK dan Bank Indonesia, kita sudah minta untuk memblokir rekening milik Dorfin itu," kata Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda NTB, Kombes Pol Agus Salim, di Mataram, Rabu (30/1).

Terkait dengan permintaan tersebut, Agus Salim menjelaskan bahwa PPATK dan Bank Indonesia saat ini sedang menelusuri aliran dana dari rekening Dorfin.     

"Berapa banyak dia punya rekening, kemudian ada tidak angka-angka itu (Rp10 miliar), itu yang kita minta," ujarnya.

Lebih lanjut, persoalan terkait penelusuran uang sogokan tersebut telah ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus  (Ditreskrimsus) Polda NTB.


Baca juga: Marak, Peredaran Narkoba di Klaten


"Untuk data-data tentang aliran itu ada di krimsus, saya tidak tahu bagaimana perkembangan penanganannya, tapi yang jelas, penelusuran aliran uang dari Dorfin itu dilakukan dalam satu bulan terakhir ini," ujarnya lagi.

Dalam penanganannya, muncul peran seorang anggota berpangkat komisaris polisi berinisial TU alias TM yang diduga menerima uang sogokan tersebut. Bahkan, anggota yang diketahui bertugas di Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda NTB tersebut, telah disangkakan pidana gratifikasi.

Selain sangkaan pidana gratifikasi, Polda NTB juga telah menyatakan TM melanggar Kode Etik Profesi Polri karena terbukti memberikan fasilitas bagi Dorfin selama berada dalam rutan. (RO/OL-1)
 

Baca Juga

ANTARA

Pembebasan Lahan Flyover Aloha Ditarget Tuntas 2022

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:27 WIB
Pemkab Sidoarjo, Jawa Timur terus berupaya mendorong percepatan pembangunan flyover Aloha. Salah satunya dengan menuntaskan pembebasan...
DOK MI

Pemkot Cirebon Kebut Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:20 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat terus menggencarkan vaksinasi Covid-19, terutama untuk anak usia 6-11 tahun. Jika vaksin...
MI/Kristiadi.

Tertipu Investasi Bodong, 300 Korban Rugi hingga Rp5,7 Miliar

👤Kristiadi 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:13 WIB
Pada awalnya investasi yang dilakukan oleh tiga tersangka terdapat pengembalian uang dan keuntungan yang diberikan kepada para korban...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya