Jumat 25 Januari 2019, 18:20 WIB

Polda Sumsel Gagalkan Peredaran Narkoba Domino Asal Eropa

Dwi Apriani | Nusantara
Polda Sumsel Gagalkan Peredaran Narkoba Domino Asal Eropa

MI/Dwi Apriani

 

NARKOBA jenis baru ditemukan di Palembang, Sumatra Selatan. Kepolisian Daerah Sumatra Selatan berhasil menggagalkan peredaran ekstasi jenis baru asal Eropa berbentuk seperti kartu domino yang hendak diedarkan di Sumsel. Barang bukti sejumlah 130 butir ekstasi ini diamankan dari tersangka Sulaiman, 58, warga Desa Sungai Kedukan, Kecamatan Rambutan Banyuasin.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel Kombes Pol Farman mengatakan ekstasi domino asal Eropa dengan warna biru tersebut merupakan jenis baru di Indonesia. Bahkan ekstasi ini tergolong ekstasi high class.

"Sebab, ekstasi tersebut memiliki kadar MDMA (methylenedioxy methamphetamine) yang tinggi. Untuk satu butir ekstasi kartu domino ini bisa dijadikan 4 hingga 5 butir ekstasi biasa, jadi ekstasi ini jenis baru yang masuk di Indonesia," ujar Farman, Jumat (25/1)

Ia menerangkan, pihaknya langsung melakukan pengembangan usai terungkapnya ekstasi jenis baru. Hal ini guna mengungkap siapa bandar besar yang menyelundupkan ekstasi domino itu ke wilayah Sumsel.

"Kalau tersangka Sulaiman hanya pengedarnya saja, sebab ada bandarnya yang masih kami cari. Untuk itu lah saat ini kami masih melakukan pengembangan. Sementara untuk barang bukti ekstasi domino asal Eropa sudah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Labfor dan hasilnya benar jika ekstasi domino merupakan jenis baru," ungkapnya.

Baca juga: Ekstasi dan Chatinone dari Jerman dan Etiopia via Pos Digagalkan

Selain mengamankan barang bukti ektasi asal Eropa, dalam penangkapan tersangka Sulaiman, pihaknya juga mengamankan barang bukti satu paket sabu seberat 43,51 gram.

"Tersangka kami tangkap saat berada di sebuah pondok di belakang rumahnya. Usai mengamankan tersangka, kemudian dilakukan pengeledahan di kediamannya. Dari penggeledahan ditemukan barang bukti ekstasi berbentuk kartu domino serta satu paket sabu yang disimpan tersangka di dalam kamarnya," jelasnya.

Saat ini, tersangka dan barang bukti telah diamankan di Mapolda Sumsel guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan pengembangan kasusnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Menteri PUPR Minta Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas Akhir April

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:40 WIB
Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi, termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

BMKG: Sulut Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:15 WIB
Dalam informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Sabtu, lokasi gempa berada di 3.67 lintang utara dan 126.82 bujur...
DOK Pribadi.

Wapres PNLG Tunjukkan Pengelolaan Kawasan Pesisir Jelang Pertemuan Oktober

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:58 WIB
Sejumlah keberhasilan itu tampak pada program pembangunan rumah untuk keluarga nelayan di daerah itu, termasuk bantuan perahu hingga jaring...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya