Rabu 03 Oktober 2018, 14:10 WIB

BNN Bali Musnahkan Barang Bukti Narkoba

Arnoldus Dhae | Nusantara
BNN Bali Musnahkan Barang Bukti Narkoba

MI/RAMDANI

 

BADAN Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Bali melakukan pemusnahan terhadap barang bukti Narkoba di halaman Kantor BNNP Bali, Kreneng, Denpasar, Rabu (3/10). 

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Bali AKBP Ketut Arta mengatakan, pemusnahan dilakukan dengan cara membakar di insenirator langsung di hadapan tersangka dan undangan yang hadir. 

"Pemusnahan barang bukti ini merupakan barang bukti Narkotika yang terdiri dari ganja 7 kilogram, sabu seberat 543,7 gram netto, dan ekstasi 68 butir," ujarnya. 

Hadir dalam pemusnahan barang bukti tersebut antara lain unsur kejaksaan negeri, unsur pengadilan negeri, Polda Bali, BPOM, Bendesa Adat dan beberapa elemen terkait lainnya.

Menurutnya, barang bukti yang dimunahkan pertama ganja berasal dari penyerahan Lion Parcel di Jl Diponegoro Denpasar. Ganja ini adalah kiriman dari Sumatra. Kemudian ditindaklanjuti oleh Lion Parcel dan dikirim ke alamat sebagaimana yang tertuju dalam barang kiriman. 

Ketika pegawai Lion Parcel itu mendatangi alamat yang tertera dalam paket kiriman, si penerima tidak berada di lokasi. Pegawai Lion Parcel itu membawa pulang barang haram itu ke kantornya di Pegog Sesetan. Kemudian ditunggu tetapi tidak ada yang mengambil. 

Kemudian petugas menghubungi orang yag bersangkutan, tetapi dijawab jika barang itu bukan miliknya dan diminta untuk menghubungi alamat pengirim. 

"Pegawai Lion Parcel merasa curiga, lalu menghubungi pihak BNNP Bali. Setelah melakukan penyelidikan, lalu dibuka, diketahui jika barang itu adalah ganja. Lalu diamankan di Kantor BNNP Bali. Setelah dilakukan penetapan, barang tersebut dimusnahkan," ujarnya.

Selain itu, untuk sabu dan ekstasi, adalah barang sitaan dari tersangka I Nyoman Mahardika, 31. Pelaku berasal dari Banjar Angunan, Desa Lukluk, Mengwi, Badung. Ia ditangkap pada Minggu 2 September 2018 pukul 18.00 Wita dengan tempat kejadian perkara (TKP) di pinggir jalan Pantai Padanggalak, Kesiman Denpasar Timur. 

Pelaku yang tinggal di Jl Suli Gang Sakura Denpasar ini didapati sedang melakukan transaksi penyerahan Narkotika. Petugas menghentikan pelaku yang sedang bawa motor dan setelah diperiksa di jok motor terdapat barang bukti berupa sabu dan ekstasi. Saat diperiksa ternyata jenis sabu dan ekstasi yang akan diserahkan kepada seseorang. 

"Barang belum sempat diserahkan, tersangka sudah tertangkap duluan," ujarnya. 

Pemusnahan barang bukti narkoba itu merupakan hasil pengembangan BNNP Bali periode Juli-sampai September. (OL-3)

Baca Juga

DOK MI

Ribuan UMKM Tumbuh Di Lamongan Selama Pandemi Covid-19

👤M Yakub 🕔Jumat 30 September 2022, 22:28 WIB
PEMKAB Lamongan, Jawa Timur menyatakan sebanyak 3.015 pengusaha di wilayahnya memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Sistem Online...
Dok. KEIND

Menkominfo, Menparekraf, dan Gubernur Jateng akan Hadir di Rakernas Perdana KEIND di Solo

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:02 WIB
Rapat Kerja yang juga dibarengi dengan acara Entrepreneur Summit ini telah mengundang lebih dari 3.000 UMKM dari seluruh Indonesia yang...
DOK Pribadi.

Rumah Pejuang Kanker Peroleh Bantuan Sicepat dan Indonesia Bisa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:00 WIB
Rumah Pejuang Kanker Ambu yang berdiri sejak 2009 terus berkembang sehingga kini yayasan itu memiliki empat rumah kanker di Jalan Bijaksana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya