Rabu 05 Juli 2017, 19:10 WIB

Butuh Dua Pekan Ungkap Penyebab Jatuhnya Heli Basarnas

Cahya Mulyana | Nusantara
Butuh Dua Pekan Ungkap Penyebab Jatuhnya Heli Basarnas

ANTARA FOTO/Anis Efizudin

 

BADAN SAR Nasional (Basarnas) memastikan penyebab jatuhnya helikopter HR 360 di Dieng, Jawa Tengah akan diperoleh dua pekan ke depan. Kotak hitam heli asal Perancis itu sudah dikirim ke pabriknya untuk menerjemahkan percakapan pilot yang berbentuk kode-kode.

"Blackbox (kotak hitam heli HR 360) sudah kita bawa, dari tempat kejadian ke Basarnas Pusat. Nanti balckbox ini, karena yang mempunyai kemampuan dan membaca adalah pabriknya maka akan di kirim ke kantor pusatnya di Prancis," ujar Kepala Basarnas, Marsekal Muda Muhammad Syaugi, seusai menghadiri rapat kerja Komisi V DPR dengan Menteri Perhubungan, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (5/7).

Ia menjelaskan, kotak hitam heli yang membawa 8 orang dalam misi kemanusiaan ke Dieng itu akan menggambarkan situasi yang dihadapi dan penyebab jatuhnya. Proses yang sepenuhnya dilakukan di Prancis itu memakan waktu satu sampai dua pekan.

"Jadi kita hanya download yang berupa kode-kode dan itu dibaca di pabriknya. Jadi kita kirim ke perwakilan perusahaan di Indonesia dan nanti dibawa ke Prancis. Itu butuh waktu satu sampai dua minggu," jelasnya.

Sejauh ini, lanjut dia, penyebab jatuhnya heli yang sempat digunakan untuk memonitor mudik Lebaran 2017 itu disinyalir karena hujan dan kabut.

"Kita menganalisa hanya berandai-andai sebenarnya, tapi sebenarnya yang tahu dari blackbox ini. Pada saat penerbangan yang jelas pesawat siap, pilot siap, cuaca menurut BMKG baik secara umum. Di spot (kecelakaan) itu masyarakat melihat ternyata hujan dan berkabut. Tapi kita belum tahu apa yang terjadi di dalam pesawat tersebut," paparnya.

Syauqi menjelaskan, kondisi pesawat sudah dipastikan layak terbang ditambah pilotnya telah memiliki ratusan jam terbang. Ditambah lagi pilot telah menguasai HR360 sejak 2015. (X-12)

Baca Juga

Kemenparekraf

Wisata Kepri Dibuka Agustus Sasar Turis Singapura

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 11 Mei 2021, 01:00 WIB
Kawasan wisata Bintan Resort Cakrawala di Lagoi Bintan saat ini dianggap memenuhi kriteria aman menerima turis...
Dok. Korlantas Polri

Korlantas Polri Sebut Arus Kendaraan ke Jateng dan Jatim Turun 60%

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 11 Mei 2021, 00:02 WIB
"Berdasarkan pantauan hari ini, volume arus kendaraan menuju Jawa Tengah maupun Jawa Timur turun hingga 60 persen," ucap...
DOK/POLDA KALTENG

Seribu Lebih Kendaraan Putar Balik di Perbatasan Kalteng-Kalsel

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 10 Mei 2021, 21:10 WIB
Mereka diperintahkan untuk putar balik, karena tidak memiliki dokumen untuk bisa masuk ke Kalimantan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya