Selasa 10 Januari 2023, 17:43 WIB

Tersangka Pelaku Mutilasi Kuasai Apartemen Angela pada 2019

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Tersangka Pelaku Mutilasi Kuasai Apartemen Angela pada 2019

DOK.MI
Ilustrasi

 

POLISI menyebut apartemen milik korban mutilasi Angela Hindriati Wahyuningsih, 54, di Taman Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, telah berpindah tangan ke tersangka M Ecky Listiantho alias MEL, 34, pada 2019.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Komisaris Resa F Marasabessy menjelaskan apartemen milik Angela berpindah tangan kepada Ecky melalui transaksi jual beli.

"Apartemen Angela dijual kepada Ecky pada 2019. Kemudian pada Juni 2019 terjadi akad dan serah terima kunci apartemen," ujar Resa saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Selasa (10/1).

Resa tidak membeberkan alasan Angela menjual apartemen miliknya kepada MEL. Ia hanya mengatakan perpindahan kepemilikan apartemen itu telah disahkan oleh pengadilan pada Februari 2021.

"Februari 2021 hasil putusan pengadilan mengesahkan pemilik apartemen Taman Rasuna Said Tower 1 Nomor 33A adalah milik tersangka," kata Resa.

Sebelumnya, kakak kandung Angela, Turyono Wahadi, mengaku unit apartemen milik Angela di Apartemen Taman Rasuna Said telah dikuasai MEL. Turyono mengetahui hal tersebut dari Anna ketua lingkungan gereja yang juga tinggal di apartemen.

Dari Anna, Turyono mengetahui unit apartemen Angela sudah dijual dan MEL telah mengisi form di pengelola pada 3 Juli 2019 silam sebagai pemilik baru unit tersebut.

Kemudian pada Rabu, 10 Juli 2019, Turyono menyebut keluarga mengecek ke Badan Pengelola Apartemen Taman Rasuna (BPATR) dan diketahui pemilik baru unit 0133A adalah Estianto. Keesokan harinya, pihak keluarga menemui BPATR untuk mengetahui latar belakang serta proses penjualan unit yang sangat berdekatan dengan laporan hilang Angela.


Baca juga: Pembakar Mantan Istri dan Pria di Penjaringan Terancam Hukuman Mati


"Dari pertemuan tersebut, diperoleh informasi bahwa unit sudah balik nama menjadi milik Ecky. Perjanjiannya tidak notariat tetapi di bawah tangan," tutur Turyono.

Pihak keluarga kemudian menghubungi MEL setelah mendapatkan nomor telepon dari pihak BPATR. Pelaku saat itu mengaku sedang berada di Bandung.

Pihak keluarga dan MEL kemudian sepakat untuk bertemu pada Senin, 15 Juli 2019 di Jakarta. Dari pertemuan itu, MEL mengaku sudah saling mengenal dengan korban sekitar satu tahun dan memiliki hubungan khusus atau pacaran.

"Mereka dikenalkan oleh seorang teman yang terkait dengan tanggung jawab pekerjaan Ibu Angela dalam program 'Superindo Berkebun'. Sempat terjadi hubungan khusus antara Ecky dan Angela, tetapi karena pertimbangan perbedaan usia dan agama, hubungan tersebut tidak dilanjutkan," jelas Turyono.

Sebelumnya, polisi memastikan wanita yang ditemukan tewas dalam kondisi dimutilasi di sebuah rumah kontrakan di Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bernama Angela Hindriati.

Angela ternyata dibunuh dan dimutilasi oleh MEL. Penemuan mayat tersebut berawal dari pencarian orang hilang atas nama Ecky. Setelah dilakukan penyelidikan, polisi menemukan MEL di sebuah kontrakan berikut jasad Angela yang telah tersimpan di dua boks kontainer.

MEL dan Angela menjalin hubungan atau pacaran sejak Juni 2021 hingga November 2021. MEL mengaku memang lebih nyaman menjalin hubungan dengan yang lebih tua darinya.

Namun, MEL menolak ajakan Angela untuk lanjut ke jenjang pernikahan. Angela kemudian mengancam untuk melaporkan kepada keluarga Ecky atas hubungan tersebut jika menolak menikahinya. Setelah itu terjadi cekcok hingga MEL yang emosi mencekik korban hingga tewas dan dilanjutkan dengan memutilasi tubuh korban dengan gergaji listrik. (OL-16)

 

Baca Juga

Antara

101 Kasus Covid-19 Terdeteksi di DKI Jakarta Hari Ini

👤MGN 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:28 WIB
Sebanyak 101 kasus dari 248 kasus covid-19 nasional ditemukan di Provinsi DKI Jakarta pada Kamis, 2 Februari...
MI/Selamat Saragih

Operasional Penuh Hari Pertama, PAM JAYA Jamin Pelayanan Lebih Baik

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:36 WIB
PAM JAYA menjamin pelayanan air bersih untuk konsumen warga Jakarta lebih baik dibanding...
DOK.MI

Polresta Bandara Gagalkan Peredaran Ganja Sintetis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:26 WIB
Ke-10 tersangka yang ditangkap mengaku mendapat narkotika jenis ganja sintetis tersebut dari Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya