Minggu 04 Desember 2022, 20:01 WIB

Jakarta Alami Cuaca Ekstrim, Pj Gubernur Imbau Warga Waspadai Pergerakan Tanah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Jakarta Alami Cuaca Ekstrim, Pj Gubernur Imbau Warga Waspadai Pergerakan Tanah

ANTARA
Ilustrasi.

 

PENJABAT Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau agar warga dapat mewaspadai adanya potensi pergerakan tanah. 

Heru mengatakan, Jakarta saat ini sedang dilanda cuaca ekstrim. Cuaca dapat berubah sangat drastis dari panas terik menjadi hujan berintensitas lebat dalam waktu singkat. Hujan lebat ini dapat memicu longsor di wilayah tertentu termasuk di wilayah yang sudah dikenali sebagai wilayah rawan potensi pergerakan tanah. 

Baca juga: Pengembangan Berbasis TOD Membuat Jakarta akan Terus Berkembang

"Jadi kami imbau dengan kondisi cuaca atau pun alam yang tidak bersahabat selalu melihat informasi dari BMKG dan informasi cuaca lainnya," ungkap Heru ditemui usai acara Festival Dayung Ciliwung di Stasiun BNI City, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (4/12). 

Meskipun demikian, Heru mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi potensi tanah longsor tersebut dengan mengerahkan aparat lurah dan camat. 

"Mudah-mudahan tidak terjadi ya," tuturnya. 

Sebelumnya terdapat prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.

Menurut informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), beberapa daerah di DKI Jakarta berada di Zona Menengah. 

Wilayah yang berpotensi pergerakan tanah dan berada di Zona Menengah tersebut adalah Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan. (OL-6)

Baca Juga

MI/Kisar Rajagukguk

Disdik: SDN Pondok Cina 1 Depok Dibangun Tahun Ini oleh Kementrian PUPR

👤Kisar Rajagukguk 🕔Senin 30 Januari 2023, 16:52 WIB
PEMBANGUNAN gedung baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 1 yang berada di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, dibangun tahun...
MI/HO

Elemen Tokoh Masyarakat Tangsel dan Tangerang Konsolidasi Perkuat Bakortara

👤 Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 Januari 2023, 16:06 WIB
Ia menilai, peluang dan harapan terbuka lebar bagi sebuah perjuangan terbentuknya pemekaran Provinsi Tangerang Raya yang diinisiasi...
MI/Susanto

BPS: Daya Beli Masyarakat di Jakarta Membaik

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 30 Januari 2023, 15:47 WIB
Penurunan tingkat kemiskinan di wilayah Jakarta sangat dipengaruhi kemampuan daya beli yang meningkat, khususnya kelompok menengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya