Rabu 27 April 2022, 20:06 WIB

Besok, PMJ Mulai Terapkan Aturan Ganjil-Genap di Jalan Tol

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Besok, PMJ Mulai Terapkan Aturan Ganjil-Genap di Jalan Tol

DOK MI
Ilustrasi

 

PUNCAK arus mudik Lebaran diperkirakan bakal terjadi mulai Kamis (28/4). Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan tol, kepolisian telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, seperti sistem ganjil genap sekaligus one way di sejumlah ruas jalan tol keluar DKI Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (27/4) menjelaskan filterisasi ganjil genap tidak akan dilakukan di dalam tol seperti uji coba pada 25-26 April, namun akan diberlakukan mulai dari area menuju gerbang tol.

"Filterisasi one way tidak dilaksanakan di tol, sebagaimana uji coba pada 25-26 April lalu. Tapi akan dilaksanakan di gerbang tol. Jadi, ada beberapa gerbang tol yang akan menerapkan ganjil genap pada saat diberlakukannya one way," kata Sambodo.

Ia menjelaskan nantinya gerbang tol di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang memberlakukan ganjil genap yaitu Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Pusat, dan Cibatu.

Filterisasi ganjil genap yang dimulai dari gerbang tol akan diberlakukan pada Kamis (28/4) pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB bersamaan dengan pemberlakuan one way dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Tol Kalikangkung, Semarang.

Selanjutnya, akan diberlakukan ganjil genap di gerbang tol pada Jumat (29/4) dan Sabtu (30/4) dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Kemudian, pada Minggu (1/5) pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. "Besok dimulai one way, maka besok yang masuk ke tol itu adalah yang nomor polisinya genap," kata Sambodo.

Ia menjelaskan nantinya akan penyaringan kendaraan di akses menuju tol. Ia mengatakan kendaraan dengan pelat nomor yang tidak sesuai dengan tanggalnya akan diarahkan ke jalan lain untuk tidak memasuki jalan tol. "Jadi ketika yang bersangkutan akan masuk ke jalan tol jika tidak sesuai tanggalnya maka akan diluruskan saja, tidak boleh masuk ke tol," katanya. (OL-15)

 

Baca Juga

DOK MI.

Melawan Saat Ponsel Dicuri, Perempuan di Tangsel Tewas Ditusuk

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:18 WIB
AJL dikenakan Pasal 338 KUHP dan Pasal 365 KUHP tentang pembunuhan dan pencurian dengan kekerasan dengan ancaman paling lama 15 tahun...
MGN/Dody Soebagio

Dukcapil Jemput Bola Ubah KTP Warga Terdampak Perubahan Nama Jalan

👤Dody Soebagio (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) 🕔Rabu 29 Juni 2022, 14:56 WIB
DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mendatangi warga di kawasan Warung Buncit, Pancoran, untuk mempercepat proses...
dok.pn-tangerang.go.id

Tersangka Jimmy Lie Hembuskan Isu yang Bikin Geram Warga Pantura Tangerang

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 29 Juni 2022, 14:45 WIB
SEJUMLAH tokoh masyarakat pantura Tangerang menyesalkan pernyataan Jimmy Lie yang mengkaitkan isu negatif di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya