Kamis 24 Maret 2022, 10:17 WIB

DPRD DKI Minta Stok Pangan Selama Ramadan Terjamin

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
DPRD DKI Minta Stok Pangan Selama Ramadan Terjamin

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ilustrasi pangan

 

KETUA Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan selain jaminan ketersediaan barang, PT Tjipinang Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Pasar Jaya, dan Perumda Dharma Jaya juga harus menjamin kemudahaan akses untuk warga mendapatkan kebutuhan pokok tersebut.

“Kita ingin memastikan bahwa stok tersebut mudah diakses masyarakat, sehingga tidak mengganggu aktifitas mereka saat menjalani ibadah Ramadan hanya untuk mendapatkan pangan,” ujarnya di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (23/3).

Sejumlah trobosan, menurut Ismail, dapat dilakukan tiga BUMD bidang pangan. Seperti menambah jumlah pasar murah, menggelar bazar pangan murah, hingga mengintensifkan penjualan produk secara online.

“Ini cukup bijak, sehingga masyarakat tidak panik karena akses dan stoknya tersedia,” ungkapnya.

Dalam rapat kerja tersebut, Direktur Perkulakan dan Retail Perumda Pasar Jaya Anugrah Esa menjelaskan, saat ini pihaknya baru membuka pasar murah di 94 titik. Pasar tersebut digelar mulai minggu ketiga Maret hingga pertengahan April 2022.

Baca juga: DPR Apresiasi Pragnosa Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan

Dengan program tersebut Perumda Pasar Jaya berharap dapat menjaga stabilitas harga dan memudahkan warga mendapatkan kebutuhan pokok. Dengan begitu pemerintah dapat mengantisipasi terjadinya pembelian secara berlebihan karena kekhawatiran atau panic buying.

“Kita pastikan stok pangan seperti cabai keriting, cabai rawit merah, bawang, minyak goreng, daging sapi dan ayam, telur, gula hingga terigu aman hingga dua minggu usai Idul Fitri,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengatakan untuk minyak saat ini pihaknya hanya mengeluarkan yang curah dengan harga Rp14 ribu per liter sesuai peraturan Menteri Perdagangan.

“Dengan begitu kami tidak melakukan pasar murah untuk produk minyak goreng. Kami hanya menjual minyak goreng eceran. Diharapkan dengan penjualan minyak goreng bisa mengurangi antrean yang ada,” terangnya.

Namun begitu, Pamrihadi memastikan stok beras hingga Idul Fitri aman, mengingat akan ada panen raya di 7.980 hektare yang menghasilkan gabah kering 45.486 ton.

“Kesimpulannya stok komoditi beras aman. Stok yang dibutuhkan 30 ribu ton, realitasnya kita miliki diatas 45 ribu ton,” tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

MEDCOM

Sidang Vonis Putra Siregar dan Rico Valentino Ditunda Pekan Depan

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:16 WIB
Pembatalan sidang karena ketua majelis hakim sedang...
Dok. Vega Hotel Gading Serpong

Gandeng PMI Kota Tangerang, Vega Hotel Gading Serpong Adakan Donor Darah Untuk Penuhi Stok Darah 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 15:58 WIB
Sebanyak 150 kantong darah berhasil terkumpul dalam acara tersebut. Selain staf dan tamu hotel, masyarakat yang tinggal di sekitar hotel...
MI/Rahmatul Fajri

Diduga Rugikan Perusahaan Rp14,3 Miliar, Bendahara APNI Dilaporkan ke Polisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 15:49 WIB
Rendra menjelaskan, dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan tersebut bermula ketika Antonius Setyadi menggadaikan saham PT Tekindo...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya