Minggu 25 Juli 2021, 17:45 WIB

14 Jenazah Covid-19 Dikremasi Secara Gratis di TPU Tegal Alur

Hilda Julaika | Megapolitan
14 Jenazah Covid-19 Dikremasi Secara Gratis di TPU Tegal Alur

Antara
Ilustrasi petugas dengan APD lengkap melakukan kremasi jenazah pasien covid-19.

 

KETUA Umum Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh Sumbar Riau Andreas Sofiandi membenarkan bahwa TPU Tegal Alur sudah membuka fasilitas kremasi gratis untuk jenazah pasien covid-19. 

Setelah dibuka sejak Sabtu (24/7) kemarin, sejauh ini ada 14 jenazah pasien covid-19 yang dikremasi di wilayah TPU Tegal Alur.

“Kemarin Sabtu, sebanyak 7 jenazah yang dikremasi. Hari Minggu ini, akan dikremasi 7 jenazah (pasien covid-19),” ujar Andreas saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (25/7).

Baca juga: Anies: Vaksinasi Kurangi Risiko Sakit Akibat Covid-19

Andreas menjelaskan bahwa fasilitas krematorium telah dipasang di area TPU Tegal Alur umat Kristiani. Fasilitas gratis untuk jenazah covid-19 itu diharapkan bisa membantu umat Kristen yang ingin mengkremasi keluarganya dengan baik.

"Jadi masalah saat ini banyak kartel. Banyak orang cari kenikmatan sampai Rp80 juta, sampai Rp40 juta. Atas dasar itu, jadi saya pasang dulu di sini," imbuh Andreas.

Baca juga: Polisi Periksa 7 Saksi Terkait Kartel Kremasi di Jakarta

Pihaknya tidak melakukan pungutan apapun dan meminjamkan mesin krematorium kepada Pemprov DKI Jakarta. Mengingat, Pemprov DKI tidak mempunyai mesin tersebut. Langkah ini dikatakannya sebagai perhatian dan kepedulian di masa pandemi covid-19.

Di TPU Tegal Alur, terdapat satu alat krematorium dengan kapasitas kremasi hingga 6 jenazah dalam satu hari. Saat ini, fasilitas itu digunakan untuk mengkremasi jenazah pasien covid-19.

“Iya (gratis). Syaratnya nanti dimintakan surat keterangan meninggal dari rumah sakit bagi yang mau dikremasi. Kemudian, KTP jenazah dan KTP penanggung jawab. Apabila semua syarat terpenuhi, kami siap melayani," tandasnya.(OL-11)

Baca Juga

Ilustrasi

Pemuda Pancasila Bakal Polisikan Anggota yang Terbukti Pukul Polisi 

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 26 November 2021, 23:34 WIB
Ormas Pemuda Pancasila, kata Razman, akan langsung menyerahkan anggotanya yang terbukti melakukan penganiayaan anggota...
Ilustrasi

Polda Metro Jaya Ringkus Komplotan Pengganjal Mesin ATM di Cikarang 

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 26 November 2021, 21:12 WIB
Endra menjelaskan, petugas telah menciduk tiga tersangka, yakni P (37), N (32), N (41). Masing-masing tersangka memiliki peran saat...
Dok.MI

Polisi Periksa Tersangka Mafia Tanah Terkait Penyekapan oleh Keluarga Nirina Zubir

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 26 November 2021, 17:57 WIB
Kasus dugaan penyekapan ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 13 November lalu. Ia mengatakan lokasi penyekapan berada di Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya