Jumat 25 Juni 2021, 13:32 WIB

Pasien OTG di Wisma Atlet Dipindah Ke Pasar Rumput dan Nagrak

Atalya Puspa | Megapolitan
Pasien OTG di Wisma Atlet Dipindah Ke Pasar Rumput dan Nagrak

MI/ANDRI WIDIYANTO
Rumah Susun (Rusun) Nagrak sebagai tempat isolasi pasien Covid-19

 

PEMERINTAH akan memindahkan pasien covid-19 tanpa gejala yang dirawat di Wisma Atlet ke tempat isolasi mandiri yang baru dibuka, yakni di Rusunawa Pasar Rumput dan Rusun Nagrak. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Rencana kami adalah memindahkan yang OTG dan bergejala ringan ke Nagrak dan Pasar Rumput sehingga Wisma Atlet yang fasilitasnya sudah ada lama bisa kita upgrade untuk menangani konisi menengah hingga sedang. Sementara kondisi berat bisa kita arahkan ke RS," kata Budi dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (26/5).

Seperti diketahui, pemerintah telah menambahkan sebanyak 7 ribu tempat tidur untuk menampung pasien covid-19 tanpa gejala di dua tempat tersebut. Adapun, tempat isolasi Pasar Rumput mampu menampung sebanyak 3 ribu pasien, sementara tempat isolasi Nagrak mampu menampung 4 ribu pasien.

Selain itu, untuk menangani pasien covid-19 yang membludak, Budi melanjutkan, pemerintah juga telah bekerja sama dengan BNPB untuk mendirikan tenda-tenda di RS agar pelayanan normal dapat dilakukan di luar RS. Dengan demikian, ruangan IGD dialihfungsikan menjadi ruang rawat pasien.

Baca juga: Pengetatan PPKM Tak Efektif Tanpa Bantuan Bagi Warga Miskin

"Selain itu, dalam seminggu terakhir juga kita sudah mengkoversikan tiga rumah sakit besar pemerintah untuk menjadi 100 persen RS yang khusus menangani covid-19. Dengan demikian akan ada ratusan tempat tidu baru lengkap dengan perawat, dan dokter yang berpengalaman. Kami harap minggu ini konversi tersebut bisa selesai," beber Budi.

"Dengan demikian, kita harap kapasitas layanan kesehatan, baik untuk yang OTG maupun orang dengan gejala ringan, menengah, berat kita bisa atur dengan lebih baik," pungkas Budi. (OL-4)

Baca Juga

Potongan Tubuh Manusia Ditemukan di Jalan Pantura Karawang-Bekasi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 27 November 2021, 19:25 WIB
Untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut, polisi membawa potongan tubuh tersebut ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta...
Dok.MI

Dua Orang jadi Korban Penembakan di Bintaro, Polisi Kejar Pelaku

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 27 November 2021, 18:20 WIB
Orang tidak dikenal yang menjadi terduga pelaku, saat ini masih dalam pencarian...
ANTARA FOTO/Suwandy

Warga Bekasi Dilarang Pergi Luar Kota dan Mudik saat Libur Nataru

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 27 November 2021, 16:25 WIB
Rahmat Effendi mengatakan imbauan larangan mudik itu sesuai Surat Edaran Nomor 443.1/1857/SET.COVID-19 Tahun 2021 tentang pencegahan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya