Jumat 25 Juni 2021, 13:32 WIB

Pasien OTG di Wisma Atlet Dipindah Ke Pasar Rumput dan Nagrak

Atalya Puspa | Megapolitan
Pasien OTG di Wisma Atlet Dipindah Ke Pasar Rumput dan Nagrak

MI/ANDRI WIDIYANTO
Rumah Susun (Rusun) Nagrak sebagai tempat isolasi pasien Covid-19

 

PEMERINTAH akan memindahkan pasien covid-19 tanpa gejala yang dirawat di Wisma Atlet ke tempat isolasi mandiri yang baru dibuka, yakni di Rusunawa Pasar Rumput dan Rusun Nagrak. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Rencana kami adalah memindahkan yang OTG dan bergejala ringan ke Nagrak dan Pasar Rumput sehingga Wisma Atlet yang fasilitasnya sudah ada lama bisa kita upgrade untuk menangani konisi menengah hingga sedang. Sementara kondisi berat bisa kita arahkan ke RS," kata Budi dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (26/5).

Seperti diketahui, pemerintah telah menambahkan sebanyak 7 ribu tempat tidur untuk menampung pasien covid-19 tanpa gejala di dua tempat tersebut. Adapun, tempat isolasi Pasar Rumput mampu menampung sebanyak 3 ribu pasien, sementara tempat isolasi Nagrak mampu menampung 4 ribu pasien.

Selain itu, untuk menangani pasien covid-19 yang membludak, Budi melanjutkan, pemerintah juga telah bekerja sama dengan BNPB untuk mendirikan tenda-tenda di RS agar pelayanan normal dapat dilakukan di luar RS. Dengan demikian, ruangan IGD dialihfungsikan menjadi ruang rawat pasien.

Baca juga: Pengetatan PPKM Tak Efektif Tanpa Bantuan Bagi Warga Miskin

"Selain itu, dalam seminggu terakhir juga kita sudah mengkoversikan tiga rumah sakit besar pemerintah untuk menjadi 100 persen RS yang khusus menangani covid-19. Dengan demikian akan ada ratusan tempat tidu baru lengkap dengan perawat, dan dokter yang berpengalaman. Kami harap minggu ini konversi tersebut bisa selesai," beber Budi.

"Dengan demikian, kita harap kapasitas layanan kesehatan, baik untuk yang OTG maupun orang dengan gejala ringan, menengah, berat kita bisa atur dengan lebih baik," pungkas Budi. (OL-4)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Anies: 5% dari Kasus Aktif di Jakarta Bergejala Berat-Kritis

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:05 WIB
Gubernur DKI menyoroti banyaknya pasien covid-19 yang tidak mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit dan akhirnya meninggal...
MI/DEDE SUSIANTI

500 Paket Sembako Dibagikan ke Pengemudi Transportasi Umum di Bogor 

👤Dede Susianti 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:47 WIB
Menhub menjelaskan, terkait dengan syarat STRP bagi para pengemudi ojol tidak akan mempersulit para pengemudi ojol karena telah dibuat...
Antara

14 Jenazah Covid-19 Dikremasi Secara Gratis di TPU Tegal Alur

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:45 WIB
Fasilitas gratis yang baru saja dibuka ini diharapkan dapat menekan praktik kartel terhadap kremasi jenazah pasien covid-19 di DKI...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya