Rabu 19 Mei 2021, 14:36 WIB

Anies Minta Pemudik Datangi Posko di RW Saat Balik ke DKI

Hilda Julaika | Megapolitan
Anies Minta Pemudik Datangi Posko di RW Saat Balik ke DKI

MI/Andri Widiyanto
Gubernur DKI Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta pemudik yang kembali ke Ibu Kota untuk langsung mendatangi posko tes swab di RW setempat. Menurutnya hal ini adalah bentuk tanggung jawab untuk memastikan diri negative dari covid-19 dan tidak membahayakan masyarakat. Sehingga harus ada deteksi dini bagi pemudik.

“Kami harap kepada seluruh warga mengambil sikap bertanggung jawab bila kembali ke Jakarta. Sehingga langsung mendatangi posko seprti di RW masing-masing di manapun. Ini sikap bertanggungjawab kita hormati warga Jakarta yang memilih tidak mudik,” kata Anies di RW 05 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (19/5).

Baca juga: 148 Pemudik yang Balik ke Jakarta Positif Covid-19

Hal ini adalah bagian dari upaya deteksi dan pencegahan penularan virus dari warga yang melakukan mobilisasi mudik. Untuk skrining pertama dilakukan di 14 titik penyekatan di seluruh Jabodetabek. Kemudian, skrining lapis kedua dilakukan pada level komunitas.

Salah satunya Posko Tes Swab Antigen yang ada di RW 05, Kelurahan Sunter Agung. Di posko ini ada para Dasa Wisma yang bekerja dengan memantau pemudik yang kembali ke wilayahnya.

“Para Dasa Wisma bekerja memantau pemudik yang kembali, diminta isolasi, sampai muncul waktu untuk melakukan tes swab antigen. Di sinilah tempatnya tadi kita melihat, Alhamdulillah pelaksanannya amat baik. koordinasinya berjalan baik, Pak RW 05 ini memimpin dengan tertib, manajemennya rapi,” ungkap Anies.

Baca juga: Presiden: Waspada Kenaikan Kasus Covid-19 Setelah Lebaran

Di dalam posko tersebut, terdapat Dasa Wisma, petugas dari Dinas Kesehatan, petugas dari Polres, dokter dari Polres, dari Kodim. Termasuk terdapat pihak dari unsur masyarakat yang semuanya bekerja bersama memastikan bahwa kampung ini aman. Untuk kemudian, bila ada pemudik datang, maka dilakukan pengetesan. Apabila positif, pemudik tersebut akan dilakukan isolasi sesuai ketentuan.

Sejauh ini, di RW tersebut terdapat 125 pemudik yang sudah kembali dari total 481 pemudik. Hasil pendeteksian, dari 125 pemudik tersebut tidak ada yang positif covid-19. (OL-2)

 

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

DOK Pribadi.

Rano Karno Komitmen Kembangkan Kampung Wisata dan Sanggar Kesenian

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:21 WIB
Konsep kafe terbuka dengan nuansa perkebunan, yang berada di tengah pemukiman penduduk, itu menjadi daya tarik...
Dok. Pribadi

Pemkot Tangsel Diminta Lebih Peduli Memajukan Olahraga 

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:06 WIB
"Kami berharap pemerintahan kota atau Pemkot Tangsel dapat menggandeng pihak swasta dalam hal pembinaan dan apresiasi...
MI/Ricky Julian

DKI PPKM Level 2, Jumlah Sekolah Peserta PTM Terbatas Belum Akan Ditambah

👤Widhoroso 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 22:57 WIB
WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan belum menambah jumlah sekolah peserta Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dalam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya