Sabtu 06 Februari 2021, 18:08 WIB

21 Polisi Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Darah Konvalesen

Rahmatul Fajri | Megapolitan
21 Polisi Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Darah Konvalesen

MI/ Rahmatul Fajri
Donor plasma darah konvalesen

 

SEBANYAK 21 polisi dari Polda Metro Jaya yang merupakan penyintas covid-19 mendonorkan plasma darah konvalesen di PMI DKI Jakarta, Sabtu (6/2). 

Wakapolda Metro Jaya Brigen Hendro Pandowo mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menambah jumlah kebutuhan rumah sakit akan plasma darah. Sehingga, dapat membantu penyembuhan pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

"Pada hari ini ada 21 orang yang hasil pengecekan darahnya memenuhi syarat diambil plasma darah, sehingga harapan kita bisa digunakan dan pasien di rumah sakit bisa segera sembuh," kata Hendro yang juga ikut mendonorkan plasma darahnya itu.

Ia mengatakan kegiatan donor plasma darah akan dilakukan hingga 12 Februari. 

Hendro sudah menginstruksikan anggota Polda Metro Jaya yang berstatus penyintas covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya. Selain itu, ke depannya juga akan dilakukan di polres jajaran.

"Kegiatan ini tentunya juga sebagai permulaan yang akan diikuti jajaran Satker Polda Polda Metro dan Polres jajaran sesuai keinginan Ketua PMI DKI Jakarta," kata Hendro.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan pihaknya kini tak memiliki stok plasma darah. Sedangkan permintaannya saat ini masih tinggi. Menurutnya, dibutuhkan sekitar 50 hingga 60 pendonor per hari.

"Kalau persediaan kita kurang dan kita cari pendonornya, karena tidak ada stok. Beda dengan darah biasa. Kalau darah kita ada stok. Tapi kalau plasma ini, yang nunggu minta saja lebih banyak," tandas Rustam.

Maka dari itu, ia berharap dengan gerakan donor plasma darah yang dilakukan petugas kepolisian itu juga bisa diikuti masyarakat. Sehingga, memenuhi permintaan akan plasma darah dan bisa membantu penyembuhan pasien covid-19 yang tengah menjalani perawatan.

"Adanya program dari PMJ kita berharap penyintas covid-19 tidak ragu untuk mendonorkan plasma darah konvalesennya melalui PMI Jakarta yang nanti akan kita berikan ke teman-teman kita yang terserang covid-19. Upaya ini tadi semoga bisa meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian," jelasnya.

Seperti diketahui, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari corona

Ada pun persyaratan bagi penyintas covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya, yakni berusia 18-65 tahun, suhu tubuh 36,5-37,5 derajat, denyut nadi 50-100/permenit, Tekanan darah Sistole 90-160 mmHg Diastole 60-100 mmHg, Hemoglobin 12,5g/ dl-17g/dl dan lolos seleksi kesehatan oleh tim dokter di PMI. (OL-8)

Baca Juga

Dok Polri

Polri Yakini Keterangan Putri Candrawathi Ungkap

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:57 WIB
"Faktor pemicu kejadian sebagaimana diungkapkan Pak FS (Ferdy Sambo)," ujar...
dok.ist

Sahabat Sandi Gelar Pelatihan Barista untuk Ciptakan Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:18 WIB
SANDIUNO menggelar pelatihan Barista Kopi di Seso' Jl Tanah Abang II No.44, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut guna mengasah keterampilan...
Antara

Wagub DKI Jakarta Buka Jakarnaval 2022

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:39 WIB
Puncak acara Jakarnaval 2022 digelar pada Minggu (14/8) ini, yang dimeriahkan parade kendaraan hias, drama musikal, marching band dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya