Jumat 21 Oktober 2022, 06:15 WIB

Jika Dijual, Harga Organ Tubuh Manusia Mana yang Paling Mahal?

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Jika Dijual, Harga Organ Tubuh Manusia Mana yang Paling Mahal?

Metrotv
Ilustrasi--berita tentang penjualan organ di Indonesia.

 

PERNAHKAH Anda berpikir tentang value atau nilai organ tubuh Anda? Organ tubuh manusia merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh kita. Jika kita kehilangan satu organ tubuh, pasti tubuh kita akan mengalami ketidakseimbangan.

Sementara itu, organ tubuh tertentu diperlukan banyak orang yang sedang menanti pendonor akibat suatu penyakit dan sebagainya. 

Beberapa manusia tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan perdagangan illegal di pasar gelap. Dengan harga yang bisa dibilang tidak murah, Anda dapat menemukan berbagai jenis organ tubuh di sana.

Baca juga: Fungsi Ginjal pada Manusia, tidak Hanya Menyaring Darah

Di Amerika Serikat (AS), ada sekitar 123.000 orang yang membutuhkan organ tubuh untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mereka. 

Berdasarkan data dari Seeker, seorang manusia dapat menghasilkan US$45 juta atau sekitar Rp633 miliar jika memiliki bahan kimia dan organ tubuh yang sempurna di tubuhnya.

Oleh karena itu, beberapa orang rela mengorbankan organ tubuh mereka untuk didonorkan atau juga dipakai sebagai bentuk riset saat Ia meninggal.

Hati – Rp14 Miliar

Hati yang memiliki kualitas nomor satu akan dihargai US$45 juta atau sekitar Rp633 miliar. Kemudian hati dengan kualitas nomor dua bernilai sekitar US$557.000 atau Rp7,8 miliar.

Paru-paru – Rp4,2 Miliar

Bersyukurlah jika Anda masih memiliki paru-paru yang sehat. Berdasarkan haveocscope.com, sebuah pasar gelap di Eropa menjual sepasang paru-paru dengan harga mencapai Rp4,2 miliar.

Ginjal – Rp2,4 Miliar sampai Rp2,7 Miliar

Jual ginjal demi beli iPhone terbaru? Jangan mau. Di pasar gelap, Anda akan mendapati ginjal seharga Rp2,7 miliar. Harga penjualan ginjal tidak sebanding dengan pembelian iPhone.

Jantung – Rp1,6 Miliar

Harga legal jantung di AS mencapai Rp16 miliar, namun Anda dapat menemukan jantung di pasar gelap seharga Rp1,6 miliar.

Kornea – Rp327 Juta

Setelah pendonor melepaskan kornea untuk didonorkan, kornea dapat bertahan selama 8-12 jam. Itulah mengapa organ tubuh satu ini merupakan organ yang cukup mahal.

Tulang Sumsum – Rp313 Juta

Anda dapat mendapatkan uang dengan cepat dengan menjual sumsum tulang Anda. Namun, beberapa prosedur yang dilakukan untuk mengambil sumsum tulang dapat membahayakan nyawa Anda.

Darah – Rp1 Juta hingga 4 Juta

Menjadi bagian tubuh yang paling sering didonorkan, Anda dapat menghasilkan Rp400 ribu hingga Rp1 juta dari 500 ml darah. (OL-1)

Baca Juga

Istimewa

PGRI: Peningkatan Skor PISA Sulit Dicapai Lewat Merdeka Belajar

👤Faustinus Nua 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:20 WIB
Kebijakan Merdeka Belajar di era Menteri Nadiem Makarim belum mampu menaikkan skor Programme for International Student Assessment (PISA)...
Instagram

Kejar Target Penurunan Emisi, KLHK dan KKP Kaji Potensi Karbon Biru

👤Atalya Puspa 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:50 WIB
Pemerintah akan mengkaji potensi karbon biru untuk mempercepat target penurunan emisi gas rumah...
Antara/Jessica Helena Wuysang.

Kapan Cap Go Meh 2023, Ini Kumpulan Ucapan Selamatnya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:27 WIB
 Berikut kumpulan ucapan yang dapat Anda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya