Senin 23 November 2020, 03:45 WIB

TNI-Polri Tracing Klaster Petamburan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
 

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran menegaskan pihaknya bersama TNI melakukan tindakan 3T yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment(perawatan) sebagai tindak lanjut atas temuan klaster baru di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Klaster baru ini terjadi setelah keramaian di acara pernikahan anak Rizieq Shihab.

Fadil juga menyebutkan adanya klaster penyebaran covid-19 di Bandara Soekarno Hatta saat penSebagai tindak lanjut temuan klaster ini, TNI-Polri melakukan tes cepat covid-19 di SDN Petamburan I Gang IV, yang berjarak hanya 500 meter dari Petamburan III atau markas FPI, mulai kemarin. Ada seribu alat tes cepat disiapkan untuk memeriksa seluruh warga Kelurahan Petamburan. Hasil tes cepat tersebut masih dalam peng-olahan Satgas Covid-19.jemputan Rizieq dan juga klaster Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat, yang juga dihadiri pimpinan FPI itu.

''Kami akan pastikan masyarakat yang terkonfi rmasi positif bisa dilakukan tracing, kontak erat untuk memutus penyebaran dan memastikan mereka dapat perawatan memadai,'' ujar Fadil di Petamburan, kemarin.

Kasdam Jaya Brigjen Saleh yang hadir bersama Fadil di Petam-buran, menjelaskan tes cepat covid-19 tersebut guna mengeta-hui seberapa besar dampak dari acara itu.

''Tindakan ini harus diambil sebagai dampak kerumunan,'' kata Saleh.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi selama 14 hari, terhitung 23 November sampai 6 Desember 2020.

Ini adalah perpanjangan PSBB Transisi yang ketiga kalinya .Transisi jilid 2 yang pertama sekali diberlakukan pada 12-25 Okto-ber.

"Berdasarkan data-data epidemiologis selama penerapan PSBB Masa Transisi dua pekan terakhir, kondisi wabah covid-19 di DKI Jakarta masih terkendali dan menuju aman. Akan tetapi, kita harus semakin waspada dan disiplin dalam protokol kese-hatan, " kata Gubernur DKI Jakarta A nies Baswedan dalam keterangan resminya, kemarin.

Dalam dua hari terakhir terjadi pertambahan kasus baru covid-19 di DKI yang cukup signifikan. Bahkan, jumlah kasus baru covid-19 pada Sabtu (17/11) bertambah sebanyak 1.579 orang dan merupakan tertinggi sejak pelaporan kasus pertama di Ibu Kota, 3 Maret 2020. (Ykb/Ata/Put/Ss/X-10)

Baca Juga

NTARA/Hafidz Mubarak A

Gubernur Anies Konfirmasi Positif Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 13:00 WIB
Gubernur Anies menyebut, saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa...
MI/Ramdani

Anies Tetap Jalankan Tugas Gubernur Meski Positif Covid-19

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 01 Desember 2020, 12:28 WIB
Anies menyampaikan, dirinya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) yang keluar,...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Anies Sempat Hadiri Resepsi Pernikahan Sebelum Positif Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 01 Desember 2020, 11:50 WIB
"Iya, pada Minggu (29/11) lalu, saya sempat kontak dengan beliau cukup dekat karena kami hadir di acara pernikahan," kata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya