Kamis 18 Juni 2020, 06:10 WIB

Mal Pelayanan Publik Dibuka

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Mal Pelayanan Publik Dibuka

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Petugas memasukkan data pemohon di Mal Pelayanan Publik, Jakarta, Rabu (17/6/2020).

 

MAL pelayanan publik (MPP) DKI Jakarta telah dibuka untuk umum. Selama dibuka, mal diharuskan menerapkan protokol tahapan kesehatan covid- 19 sesuai aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Pembukaan MPP DKI Jakarta itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Benni Aguscandra di Jakarta, kemarin.

Pihaknya telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan penyelenggaraan pelayanan publik sebagai upaya pencegahan covid-19 yang wajib ditaati setiap pegawai dan pengunjung.

“Ada 316 titik pelayanan atau unit pelaksana DPMPTSP DKI Jakarta termasuk mal pelayanan publik,” kata Benni.

Unit pelaksana DPMPTSP DKI Jakarta tersebut sudah dibuka sejak Senin (15/6). Bagi pengunjung, protokol kesehatan harus ditaati di antaranya penggunaan masker, mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh menggunakan thermal scanner, hingga menjaga jarak antrean.

Ia juga menegaskan warga yang datang mengajukan perizinan maupun layanan publik lainnya harus dalam keadaan sehat seperti tidak demam, tidak dalam keadaan flu batuk, maupun sakit lainnya.

“Kami lakukan peringatan tersebut saat pemohon mengakses website antrean daring dan saat pemohon tiba di Mal Pelayanan Publik akan ada pengecekan suhu tubuh oleh petugas sebelum mengakses pelayanan publik,” ujar Benni.

Warga yang hendak melakukan pengajuan perizinan disyaratakan untuk mengajukan permohonan antrean secara daring melalui http:// ptsp.jakarta.go.id/antrian/.

Ketetapan ini merupakan aturan baru agar DPMPTSP dapat membatasi kehadiran pemohon izin di ruangan dalam satu waktu 50% dari kapasitas maksimal.

Pada hari kedua pembukaan pelayanan publik secara langsung, aktivitas di mal pelayanan publik berjalan dengan tertib dan kondusif. Beberapa pemohon sudah terlihat memasuki gedung mal pelayanan publik dan duduk di ruang tunggu pelayanan dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan jarak antarmanusia saat mengakses pelayanan publik.

Meskipun pelayanan secara langsung telah dibuka, Benni tetap mengimbau agar masyarakat mengoptimalkan pelayanan daring yang telah disediakan.

Layanan secara daring dapat dilakukan melalui aplikasi JakEVO dan memanfaatkan layanan penyuluhan daring melalui surat elektronik ke e-mail komunikasiinformasi. dpmptsp@jakarta.go.id serta layanan permintaan informasi dan konsultasi melalui Tanya PTSP 1500164 baik melalui telepon, video call, dan live chat.

“Diharapkan, masyarakat dapat benar-benar memahami bahwa yang terpenting saat ini ialah melakukan physical distancing dengan memanfaatkan optimalisasi pelayanan daring,” ujar Benni. (Put/Ssr/J-1)

Baca Juga

DOK.MI

110 Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:20 WIB
Dengan jumlah pasien yang dirawat 110 orang, maka keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) di RSDC Wisma Atlet Kemayoran saat ini...
AFP/Ardikta Nugroho.

Pemprov DKI akan Berikan Sanksi kepada Holywings

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:07 WIB
Buntut tuduhan penistaan agama itu, pihak kepolisian menetapkan sebanyak enam pegawai Holywings menjadi tersangka jasus promo...
Ist

Erick Thohir: Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:55 WIB
Menurut Erick, untuk kawasan Kota Tua sendiri masih banyak yang bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya