Minggu 30 Oktober 2022, 11:12 WIB

Korea Selatan Umumkan Periode Berkabung Nasional, Selebritas Hapus Unggahan Halloween

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Internasional
Korea Selatan Umumkan Periode Berkabung Nasional, Selebritas Hapus Unggahan Halloween

YONHAP / AFP
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di lokasi kejadian.

 

Sehubungan dengan kejadian yang menimpa turis lokal dan mancanegara di Itaewon, Seoul, pada malam Halloween atau Sabtu (29/10) malam, pemerintah Korea Selatan mengumumkan periode berkabung nasional.

Semua acara atau event entertainment yang seharusnya diadakan Minggu (30/10) akan ditunda sebagai bentuk bela sungkawa untuk para korban.

Program-program tersebut di antaranya adalah Running Man dengan Jin BTS sebagai tamu, SMTOWN WONDERLAND 2022, Inkigayo, bahkan konser dari penyanyi trot terkenal Jang Yoon Jeong di Jinju ditunda. Festival Busan One Asia 2022 yang seharusnya diadakan pada hari Minggu (30/10) juga ikut dibatalkan.

Pihak Big Hit atau agensi Jin BTS juga mengumumkan penundaan perilisan konten Stationhead Listening Party dan ‘The Astronaut’ Lyric Video yang merupakan bagian dari promosi solo dari Jin BTS sebelum Ia mengikuti wajib militer.

Beberapa artis yang semalam menggunggah postingan Halloween di media sosial seperti Bobby iKON dan J-Hope BTS pun turut menghapus postingan mereka.

Aktris Indonesia yang sedang berkarier di negeri ginseng yaitu Yannie Kim ikut mengucapkan ucapan duka cita untuk para korban melalui media sosialnya. Komedian asal Australia yang juga berkarier di Korea Selatan yakni Sam Hammington juga ikut menggunggah foto dengan tulisan “Pray for Itaewon” untuk mendorong pengikutnya agar mendoakan korban-korban Itaewon.

Sementara itu, kejadian di Itaewon menuai banyak komentar negatif dari warganet. Dalam beberapa video dan gambar yang beredar, walaupun ambulans sudah banyak berdatangan namun mereka masih tetap berdansa dan bernyanyi mengikuti alunan musik.

“Ini tidak berperikemanusiaan,” ujar @kil*** di Twitter.
“Sangat tidak sopan dan kurang ajar,” cuit @kimm*** di Twitter.

Diketahui sampai artikel ini ditulis, jumlah korban meninggal sudah mencapai 151 orang, 19 di antaranya adalah turis mancanegara yang berasal dari Uzbekistan, Tiongkok, Norwegia, dan lain-lain. Berdasarkan pernyataan KBRI, tidak ada korban yang berasal dari Republik Indonesia. (OL-12)

Baca Juga

AFP

UE Sambut Kroasia ke Zona Schengen, Bulgaria dan Rumania Ditolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:24 WIB
Zona Schengen memungkinkan orang bepergian antarnegara anggotanya untuk menyeberang secara umum tanpa harus menunjukkan paspor, KTP, atau...
AFP

Eks Presiden Peru Pedro Castillo Cari Perlindungan di Meksiko

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:20 WIB
Adapun Pedro Castillo ditangkap setelah berusaha membubarkan Kongres Peru, sebagai upaya terakhir yang gagal untuk menghindari pemungutan...
AFP

Dari Lockdown Picu Unjuk Rasa Menuntut Demokrasi di Tiongkok

👤Muhammad Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:15 WIB
PARTAI Komunis China (PKC) yang menguasai jalannya pemerintah dan arah negara, menyatakan akan menindak tegas semua kegiatan infiltrasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya