Minggu 03 April 2022, 16:11 WIB

Syiah Mulai Ramadan pada Minggu, Mayoritas Suni di Sabtu

Mediaindonesia.com | Internasional
Syiah Mulai Ramadan pada Minggu, Mayoritas Suni di Sabtu

AFP/Mohammed Huwais.
Muslim berkumpul membaca Al-Qur'an di Masjid Al-Kabir di ibu kota Yaman Sanaa, pada hari pertama bulan suci Ramadan.

 

BULAN suci puasa Ramadan dimulai pada Minggu (3/4) untuk warga Syiah di Irak, Iran, dan Libanon. Begitu pun yang tinggal di Maroko, Pakistan, dan India.

"Hari pertama Ramadhan akan terjadi besok (hari ini)," bagi kaum Syiah di Irak, kata media pemerintah, Sabtu (2/4), mengutip kantor ulama Syiah terkemuka negara itu, Ayatollah Ali Sistani. Di negara tetangga, Iran, yang seperti Irak memiliki warga mayoritas Syiah, serta Syiah di Libanon, Ramadan juga akan dimulai Minggu.

Tanggal awal bulan puasa ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisik bulan baru. Secara tradisional, banyak negara mayoritas Muslim telah mengikuti tanggal yang ditetapkan oleh otoritas agama Saudi, tetapi dalam beberapa tahun terakhir banyak yang menggunakan perhitungan astronomi mereka sendiri.

Muslim Suni di Irak, Libanon, dan sebagian besar negara Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Kuwait, memulai bulan suci pada Sabtu (2/4). Yordania dan Maroko, yang mayoritas Suni, dan Oman, bagaimanapun, akan dimulai pada Minggu.

Selama Ramadan, umat Muslim menahan diri untuk makan dan minum dari fajar hingga senja. Secara tradisional, mereka berkumpul dengan keluarga dan teman untuk berbuka puasa di malam hari. Begitu juga salat yang umat Islam berkumpul dalam jumlah besar di masjid, terutama malam hari.

Di Asia, Afghanistan memulai Ramadan pada hari Sabtu. Pakistan dan India akan dimulai pada hari Minggu. Di Indonesia, negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, pengikut organisasi Muhammadiyah memulai bulan suci pada Sabtu dan mereka yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama, asosiasi Muslim terbesar di negara itu, akan memulai pada Minggu.

Menurut tradisi, Ramadan menandai saat Nabi Muhammad mulai menerima wahyu dari kitab suci umat Islam, Al-Qur'an.
Liburan Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci.

Baca juga: Pasukan Israel Bunuh Tiga Militan Palestina saat Kekerasan Menguat

Puasa selama Ramadan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Yang lain yaitu pengakuan iman (tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya), kewajiban salat lima kali sehari, zakat, dan haji ke Mekah setidaknya sekali dalam seumur hidup. (AFP/OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Biro Pers Setpres/Laily Rachev

RI Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi dengan Jerman

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:30 WIB
Kepala Negara berharap Jerman bisa menjadi mitra dalam mengolah potensi 474 Gigawatt yang bersumber dari energi ramah lingkungan di Tanah...
ANTARA/Biro Pers Setpres/Laily Rachev

Presiden Jokowi dan PM Modi Bahas Kerja Sama Pangan

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:10 WIB
Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan kuat India terhadap Presidensi G20 Indonesia. Indonesia juga akan mendukung penuh...
AFP/ATTA KENARE

Qatar Siap Jadi Tuan Rumah Perundingan Nuklir Iran-AS

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:50 WIB
Para menlu diundang untuk menyelesaikan kesepakatan setelah perundingan tak langsung berjalan selama 11 bulan antara Teheran dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya