Sabtu 19 Februari 2022, 17:28 WIB

Jelang Pintu Wisatawan Dibuka, Australia Laporkan 43 Kematian Covid-19

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Jelang Pintu Wisatawan Dibuka, Australia Laporkan 43 Kematian Covid-19

AFP
Warga berjalan di sekitar Opera House yang berlokasi di Sydney, Australia.

 

AUSTRALIA mencatat 43 kasus kematian terkait covid-19 pada Sabtu (19/2) waktu setempat. Padahal, Negeri Kanguru tengah bersiap menyambut turis internasional untuk pertama kalinya, setelah hampir dua tahun melakukan penguncian wilayah.

Diketahui, Australia menutup pintu perbatasan pada Maret 2020. Otoritas kemudian secara bertahap membuka kembali pintu perbatasan sejak November 2021. Hal itu memungkinkan orang Australia untuk bepergian, yang diikuti pelajar dan pekerja internasional.

Negara itu sempat bebas kasus covid-19 dan sudah beralih kebijakan untuk hidup berdampingan dengan virus korona. Dalam hal ini, Australia menggencarkan vaksinasi covid-19, sehingga tingkat penularan lebih rendah dan sedikit kasus rawat inap.

Baca juga: Pertama Kali, Kasus Harian Covid-19 di Australia Lampaui 100.000

Bahkan Australia Barat, negara bagian yang padat pertambangan, telah mempertahankan kontrol perbatasan yang ketat hampir 700 hari. Namun, wilayah itu optimistis dapat mengatasi penyebaran varian Omikron dan akan kembali menerima pengunjung yang sudah divaksin tiga kali.

Kasus kematian covid-19 di Australia khususnya dilaporkan dari New South Wales, Victoria dan Queensland. Sejumlah negara bagian itu terus mengalami penambahan kasus harian atau lebih.

Baca juga: Nadal: Dengan Atau Tanpa Djokovic, Australia Terbuka Tetap Hebat

Victoria, negara bagian terpadat kedua di Australia, akan membuka pusat karantina baru untuk warga internasional yang tidak belum divaksin. "Varian Omikron menunjukkan bahwa kita harus fleksibel dalam merespons pandemi. Pembangunan hub ini penting untuk mengatasi pandemi hari ini dan di masa depan," ujar Lisa Neville, pejabat terkait otoritas kekarantinaan.

Pelancong yang divaksinasi covid-19 penuh, warga Australia dan internasional, tidak wajib menjalani karantina di fasilitas yang dikelola. Selandia Baru, tetangga terdekat Australia, yang menutup hampir seluruh perbatasan internasionalnya, mencatat 1.901 kasus covid-19, salah satu rekor harian tertinggi.(Straitstimes/OL-11)
 

Baca Juga

Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP

Presiden Jokowi akan Bertemu Zelensky dan Putin, HMI: Langkah Sangat Tepat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:22 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan dua pemimpin negara yang sedang berperang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan...
AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya