Kamis 27 Januari 2022, 17:33 WIB

Taiwan Pilih Proposal Pemenang Ide Atasi Masalah Sosial Lingkungan

Mediaindonesia.com | Internasional
Taiwan Pilih Proposal Pemenang Ide Atasi Masalah Sosial Lingkungan

DOK Taiwan Excellence.
Direktur Jenderal BOFT Cynthia Kiang.

 

TAIWAN Excellence: Sharing is Caring sebagai kampanye filantropi global yang diadakan oleh Biro Perdagangan Luar Negeri Taiwan (BOFT) Kementerian Perekonomian mengumumkan tiga proposal pemenang terbaiknya pada Rabu (26/1) melalui siaran livestreaming yang disaksikan langsung oleh khalayak dan media di dunia. Ketiga pemenang tersebut ialah Solusi Berbahan Solar untuk Komunitas Pribumi Maori (Selandia Baru), Program Pendidikan dan Pemberdayaan Komunitas melalui Mobile Kart (Filipina), dan Tur Medis Satu Hari dan Pengiriman Gigi Palsu pada Hari yang Sama - Klinik Gigi Palsu Digital & Proyek Layanan Kesehatan Gigi (Taiwan).

Direktur Jenderal BOFT Cynthia Kiang secara virtual menyerahkan sertifikat kepada para pemenang dalam upacara penghargaan pada Rabu (26/1). Perwakilan BOFT tersebut mengatakan bahwa proposal yang menang akan didanai dan dilaksanakan sesuai dengan rencana di wilayah/negara yang diusulkan dengan harapan dapat mempromosikan kebaikan dan perbuatan baik di masyarakat setempat.

Dengan dukungan dari industri, kegiatan kepedulian Sharing is Caring yang diadakan untuk pertama kali telah merekrut ide-ide dari seluruh dunia yang menggabungkan produk unggulan Taiwan Excellence untuk mengatasi masalah sosial atau lingkungan. Merupakan kejutan yang menyenangkan bagi penyelenggara bahwa kegiatan ini diikuti oleh 61 negara yang juga mengirimkan proposal kegiatan sebanyak 781 proposal dan pemenang terbaik telah dipilih berdasarkan seleksi yang cermat dan penuh pertimbangan.

Direktur Jenderal Kiang sangat senang melihat begitu besar antusiasme dan partisipasi masyarakat untuk tahun pertama kampanye Sharing is Caring. "Kami bisa merasakan bahwa cinta dan kepedulian terhadap sesama manusia ternyata ada di mana-mana di dunia ini," tegas Kiang. "Pada saat yang sama, perusahaan pemenang Taiwan Excellence akan terus berupaya untuk mendorong Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) PBB melalui Kampanye tersebut di kemudian hari."

Sebagai salah satu contoh, Marareia Hamilton, salah satu anggota tim pemenang proposal bertajuk Solusi Berbahan Solar untuk Komunitas Pribumi Maori dari Selandia Baru, telah lama mengabdikan diri untuk pengembangan komunitas Maori dan membantu membangun model bisnis yang dapat diterapkan bagi penduduk setempat. Karena banyak komunitas berada di daerah terpencil, pasokan listrik mungkin hidup dan mati karena masalah stabilitas jaringan. Oleh karena itu, ia mengusulkan untuk memasang panel surya yang berasal dari Taiwan dan membangun sistem pembangkit listrik energi hijau mandiri untuk masyarakat setempat. Marareia mengucapkan terima kasih khususnya kepada Taiwan Excellence selama upacara untuk mendukung penerangan di komunitas Maori serta membawa Taiwan dan Selandia Baru lebih dekat.

Selain proposal Marrareia, pemenang lain yaitu proposal dari Filipina yang memiliki judul Program Pendidikan dan Pemberdayaan Komunitas melalui Mobile Kart. Ini kegiatan yang dipercaya dapat mempersempit kesenjangan pendidikan antara desa dan kota serta meningkatkan perlindungan lingkungan. Tim pemenang dari Filipina ini menyusun ruang kelas mobile melalui kart yang ditenagai oleh panel surya dan dilengkapi dengan laptop dan internet, sehingga anak-anak di daerah terpencil dapat belajar cara menggunakan komputer dan terhubung dengan hal-hal baru. Pengusul Jonathan J Cartilla berterima kasih kepada kampanye ini atas kesempatan ini untuk mempromosikan pendidikan di daerah perdesaan. Dengan mobile kart, ruang kelas tanpa memandang jarak tidak lagi menjadi mimpi.

Selain kedua proposal pemenang di atas, proposal pemenang lain yakni dari Yilan, Taiwan, berjudul Tur Medis Satu Hari dan Pengiriman Gigi Palsu pada Hari yang Sama - Klinik Gigi Palsu Digital & Proyek Layanan Kesehatan Gigi yang bertujuan merawat kesehatan dan kesejahteraan orang tua di perdesaan dengan kendaraan medis mobile yang berisi perangkat perawatan gigi untuk mengukur data biologis. Tim pemenang ini menunjukkan bahwa kualitas layanan kesehatan mereka dijamin dengan menggunakan produk unggulan dari Taiwan Excellence serta mobil ini juga membawa niat baik Taiwan Excellence ke beberapa sudut terjauh dan terpencil di Taiwan.

Acara itu juga dimeriahkan dengan pengundian bagi mereka yang telah diundang untuk memprediksi dan memilih pemenang proposal secara online. Selama acara tersebut, Direktur Jenderal Kiang mengungkapkan tiga pemenang yang memilih proposal yang tepat dapat memperoleh hadiah senilai NT$50.000. 

Baca juga: Gempa Kekuatan 6,2 SR Guncang Tonga

Salah satu anggota juri, profesor Chu Jou-Juo, merasa terkesan dengan niat baik semua proposal. Namun jika seseorang perlu menemukan proposal pemenang, ide filantropis yang kreatif saja tidak cukup. Kelayakan dan kepraktisan juga harus dipertimbangkan, sehingga ide yang baik dapat diwujudkan menjadi tindakan. Ke depan, diharapkan lebih banyak perusahaan dapat bergabung dan memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan mereka. (RO/OL-14)

Baca Juga

SAUL LOEB / AFP

AS-Korsel Serukan Jaga Kawasan Indo-Pasifik Tetap Bebas dan Terbuka

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:46 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol bersepakat kawasan Indo-Pasifik tetap bebas dan terbuka serta...
AFP/Nicholas Kamm.

Kepala HAM PBB akan Lakukan Perjalanan Penting ke Xinjiang Tiongkok

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:16 WIB
Misi selama enam hari Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet itu menyusul permintaan bertahun-tahun untuk akses yang bermakna...
UKRAINIAN INTERIOR MINISTRY PRESS SERVICES/AFP.

8 Orang Terluka dalam Serangan Rusia di Pusat Budaya Ukraina

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:30 WIB
Gubernur regional Kharkiv Oleg Sinegubov mengatakan delapan orang terluka, termasuk seorang gadis berusia 11...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya