Rabu 26 Mei 2021, 08:33 WIB

AS Janji Buka Kembali Konsulat di Jerusalem dan Bantu Gaza

Nur Aivanni | Internasional
AS Janji Buka Kembali Konsulat di Jerusalem dan Bantu Gaza

AFP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken

 

MENTERI Luar Negeri AS Antony Blinken, Selasa atau Rabu WIB (26/5), berjanji untuk membangun kembali hubungan AS dengan Palestina dengan membuka kembali konsulat di Yerusalem, serta memberikan bantuan untuk membantu Jalur Gaza.

Pengumuman tersebut mengisyaratkan putusnya kebijakan AS di bawah mantan Presiden Donald Trump, yang telah menutup misi diplomatik untuk Palestina pada 2019 dan memangkas bantuan kepada Otoritas Palestina.

Dalam jangka panjang, Blinken memunculkan kemungkinan untuk melanjutkan upaya untuk mencapai solusi dua negara, yang diyakini sebagai satu-satunya cara untuk benar-benar menjamin masa depan Israel sebagai negara Yahudi dan demokratis dan memberi Palestina negara yang menjadi hak mereka.

Kunjungan Blinken tersebut dilakukan setelah gencatan senjata pada Jumat mengakhiri konflik Israel-Palestina yang berlangsung selama 11 hari. "Amerika Serikat akan bergerak maju dengan proses pembukaan kembali konsulat kami di Yerusalem," kata Blinken setelah bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas di Ramallah. Dia pun menambahkan bahwa belum ada jadwal untuk itu.

Diplomat tertinggi Presiden AS Joe Biden itu menegaskan kembali dukungan terhadap hak Israel untuk mempertahankan diri dari serangan roket Hamas, yang menurutnya tidak boleh mendapat manfaat dari upaya bantuan untuk membangun kembali Gaza.

Tapi Blinken juga menekankan komitmen Washington untuk membangun kembali hubungan dengan Palestina dengan keyakinan bersama bahwa Palestina dan Israel sama-sama berhak atas keamanan, kesempatan kebebasan dan martabat yang sama.

Serangan udara Israel dan tembakan artileri di Gaza menewaskan 253 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, dan melukai lebih dari 1.900 orang dalam 11 hari konflik sejak 10 Mei, kata Kementerian Kesehatan di Gaza.

Sementara itu, kata petugas medis, roket dan tembakan lainnya dari Gaza merenggut 12 nyawa di Israel, termasuk satu anak dan seorang remaja Arab-Israel, seorang tentara Israel, seorang warga negara India dan dua pekerja Thailand. Dan ada sekitar 357 orang di Israel yang terluka.

Blinken mengatakan dia akan memberi tahu Kongres tentang niat untuk memberikan $75 juta bantuan kepada Palestina, selain $5,5 juta dalam bantuan bencana segera untuk Gaza, dan sekitar $32 juta untuk permohonan bantuan kemanusiaan darurat oleh badan PBB untuk pengungsi Palestina. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Raab Dukung Solusi Dua Negara untuk Konflik Israel-Palestina

Baca Juga

AFP/Bryan R. Smith

DPR AS Setujui UU Pembatasan Senjata Api

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:47 WIB
UU yang menunggu ditandangani Biden ini telah mengatur sejumlah syarat kepemilikan senjata. Misalnya terdapat pemeriksaan riwayat kriminal...
AFP/MANDEL NGAN

PBB Sebut Keputusan MA AS yang Hapus Hak Aborsi Pukulan bagi HAM

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 07:30 WIB
"Akses untuk mendapatkan aborsi yang aman, legal dan efektif ada dalam hukum hak asasi internasional dan merupakan dasar pada hak...
AFP/David McNew/Getty Images

Mahkamah Agung AS Cabut Hak untuk Lakukan Aborsi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 05:45 WIB
"UUD tidak menjamin hak untuk melakukan aborsi. Hak untuk mengatur masalah aborsi dikembalikan kepada warga dan perwakilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya