Kamis 09 Maret 2017, 22:30 WIB

Ambon bakal Dinobatkan Jadi Kota Musik oleh UNESCO

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
Ambon bakal Dinobatkan Jadi Kota Musik oleh UNESCO

ANTARA/Muhammad Adimaja

 

KOTA Ambon segera disahkan menjadi city of music oleh UNESCO. Kekayaan budaya dan seni musik yang terpelihara turun-temurun di Ambon membuat pemerintah dan kalangan musisi terus berupaya mewujudkan hal tersebut.

"Ambon saat ini sudah dicanangkan sebagai city of music di Indonesia, tahun depan kemungkinan besar akan diakui secara sah oleh UNESCO sebagai kota musik," ujar penyanyi asal Ambon, Glenn Fredly, dalam acara talkshow, memeringati hari musik nasional, di Jakarta, Kamis (9/3).

Glenn mengatakan, sebagai sebuah kota, Ambon telah secara konsisten menjaga kelestarian musik-musik tradisional. Masyarakat kota Ambon juga secara aktif menghadirkan musik di berbagai kesempatan.

"Salah satu yang akan segera diresmikan ialah Hoegeng Centre, yakni pusat musik hawaian yang dulu dipopulerkan di Indonesia salah satunya oleh (mantan) Kapolri Hoegeng," ujar Glenn.

Sebelumnya, sejak Oktober 2016, Pemkot Ambon bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) secara resmi mencetuskan komitmen untuk mengembangkan Ambon sebagai kota musik. Masyarakat Ambon dianggap memiliki bakat musik yang sudah teruji. Tidak sedikit pemusik Ambon yang sudah menjadi legenda, baik di negeri sendiri maupun negeri-negeri seberang

Sementara itu, dalam acara yang dilakukan dalam momen perayaan hari musik nasional tersebut, juga digelar acara yang bertajuk 'Kata Pahlawan: Hoegeng Iman Santoso'.

Hoegeng Iman Santoso merupakan tokoh keempat yang dibahas setelah Soekarno, Ismail Marzuki, dan Suyoso Karsono. 'Kata Pahlawan' adalah upaya menggali narasi dari para perintis Republik Indonesia, dan menginterpretasikan dalam bentuk kreativitas saat ini.

Hoegeng Iman Santoso atau yang akrab disapa Hoegeng adalah, mantan Kapolri legendaris. Ia sosok yang terkenal lugas, jujur dan pecinta musik. Ia juga pegiat musik Irama Lautan Teduh di Indonesia, atau yang dikenal dengan musik Hawaiian.

Ia bercita-cita menjadikan musik Indonesia sebagai tuan rumah di negerinya sendiri, salah satu upaya yang dilakoninya adalah turut mendirikan Yayasan Musik Indonesia. (X-12)

Baca Juga

Ist

Mengedukasi Pola Hidup Sehat Melalui Likeme.id

👤Widhoroso 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 15:59 WIB
MENJALANI bisnis makanan dan minuman sehat berbahan alami, sama sekali tidak ada dalam benak Fazry Wildan Shahab beberapa tahun...
Ist

Swiss Cafe Restaurant, Pondok Indah, Gelar Chef Collaboration Series

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:53 WIB
Swiss Cafe Restaurant, Swiss-Belhotel Pondok Indah, menyelengarakan kembali kegiatan demo masak bersama Swiss-Belresidences Rasuna...
ANTARA

204 Orang Calon Haji Ikut Safari Wukuf

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:50 WIB
Jumlah 204 jemaah yang diusulkan untuk disafariwukufkan tersebut sifatnya masih dinamis, nanti akan bisa ditentukan di hari terakhir H-1...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya