Senin 14 September 2015, 00:00 WIB

2007: Kaguya Diluncurkan

MI | Humaniora
2007: Kaguya Diluncurkan

WIKIPEDIA

 
WAHANA antariksa Jepang yang pertama diluncurkan dari Pusat Antariksa Tanegashima, sebuah pulau yang berjarak 1.000 km di sebelah selatan Tokyo.

Wahana antariksa Jepang yang bernama Selenological and Engineering Explorer (Selene) atau Kaguya diluncurkan untuk melaksanakan misi penjelajahan ke bulan.

Pemilihan penamaan wahana antariksa tersebut terinspirasi dari dua budaya. Nama Selene diambil dari mitologi Yunani yang berarti 'Dewi Bulan', sedangkan Kaguya merupakan seorang putri yang berasal dari bulan pada dongeng Jepang.

Kaguya yang diluncurkan pukul 10.31 waktu setempat terdiri atas orbiter dan dua satelit. Misi luar angkasa itu dilengkapi dengan 14 alat observasi untuk meneliti permukaan bulan, gravitasi, dan alat lain untuk menguak asal-muasal dan evolusi bulan.

Misi Kaguya merupakan salah satu misi Jepang sebelum rencana pengiriman astronaut ke bulan pada 2025 nanti.(14 September/History/BBC/Dok. MI)

Baca Juga

dok.humas BNI

BNI Salurkan Bantuan untuk Perawat dan Bidan di 17 Wilayah

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 07:55 WIB
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), memberikan bantuan kepada tenaga kesehatan di daerah - daerah yang jauh dari fasilitas...
MI/Adam Dwi

Program OSC Medcom.id Perluas Peluang Pelajar Dapatkan Beasiswa

👤Widhoroso 🕔Minggu 23 Januari 2022, 00:15 WIB
PROGRAM Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id diyakini mampu melebarkan penyediaan beasiswa melalui kerja sama dengan lebih banyak...
MI/Susanto

Penerima Beasiswa OSC Medcom.id Dapat Prioritas Bergabung ke Media Group

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:55 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan kepada mereka yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya