Sabtu 21 Februari 2015, 00:00 WIB

1918: Burung Parkit Carolina Terakhir

Administrator | Humaniora
1918: Burung Parkit Carolina Terakhir

wikipedia

 
PARKIT carolina alias Conuropsis carolinensis merupakan satu-satunya spesies parkit yang asli berasal dari Amerika Serikat bagian timur. Burung itu dulunya dapat ditemui di Lembah Ohio sampai Teluk Meksiko.

Parkit carolina tinggal di hutan tua sepanjang sungai. Parkit itu merupakan satu-satunya spesies yang digolongkan ke genus i. Unggas itu dijuluki i (kepala kuning) atau pot pot chee oleh penduduk Seminole dan kelinky dalam bahasa Chikasha.

Spesimen liar terakhir dibunuh di Okeechobee County di Florida 1904. Adapun spesies terakhir yang ditangkarkan mati di Kebun Binatang Cincinnati pada 21 Februari 1918. Parkit tersebut ialah jenis jantan bernama Incas yang mati dalam tahun yang sama dengan pasangannya, Lady Jane.

Peristiwa tersebut menandai kepunahan parkit carolina. Antara 1937 dan 1955, tiga parkit yang serupa dengan spesies itu terlihat dan direkam ketika berada di Rawa Okefenokee, Georgia.

Namun setelah menganalisis film tersebut, American Ornithologists Union menyimpulkan mereka telah salah mengira. Burung dalam rekaman tersebut hanyalah parkit biasa yang bebas, bukan parkit carolina.

Laporan tambahan mengenai penemuan spesies burung itu masih sering muncul di Kota Okeechobee, tetapi tidak didukung oleh penelitian dan pembuktian keberadaannya.


Baca Juga

AFP/Brian WJ Mahy.

CDC Sebut Kasus Cacar Monyet Serang Pelaku Homoseksual

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:25 WIB
CDC mendesak penyedia layanan kesehatan di AS untuk waspada terhadap pasien yang memiliki penyakit ruam yang konsisten dengan cacar...
DOK KEMENSOS

Jelang Puncak Peringatan HLUN 2022, Elemen Masyarakat Tasikmalaya Bahu Membahu Lakukan Persiapan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:39 WIB
Pada saat acara diberikan bantuan Atensi yakni di antaranya 250 paket nutrisi dan sandang, 7 set kacamata, 16 unit kursi roda...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Puan Ingatkan Pentingnya Mitigasi Bencana, Utamanya di Wilayah Rawan Bencana

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:18 WIB
Selain bencana geologi, bencana lain yang mengintai Indonesia adalah bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, kebakaran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya